by

LUWUK HUB ENAM KABUPATEN DI SEKITARNYA Batik Air Segera Direct Flight Jakarta-Luwuk

Pembangunan Bandara Syukuran Aminuddin Amir yang dipacu selama lima tahun terakhir, dimana puncaknya adalah terminal baru yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu (23 Desember 2018), menjadikan bandara itu sebagai hub (penghubung) ke sedikitnya enam wilayah kabupaten di sekitarnya.
Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo mengatakan kini ada enam kabupaten di sekitar Luwuk keluar masuknya melalui bandara tersebut, di antaranya Banggai dan Banggai Kepulauan. Mustar juga menyambut gembira dan mendukung rencana penerbangan langsung yang akan dibuka Batik Air dari Jakarta ke Luwuk.
“Maskapai penerbangan Batik Air sudah menginformasikan kepada kami akan menerbangi Jakarta-Luwuk mulai pertengahan bulan Mei ini. Tentu kami sambut gembira dan pemerintah daerah Kabupaten Banggai mendukung sepenuhnya rencana tersebut yang berdampak masyarakat lebih mudah bepergian ke Jakarta wilayah di Pulau Jawa,” ujar Wakil Bupati Mustar Labolo.
Bandara di Luwuk ini berada sejajar dengan garis pantai Selat Peling dan persis berada pada ketinggian 17 meter dari permukaan air laut. Sementara untuk koordinat, berada di koordinat 122” 46’ 13” bujur timur dan 1” 02’ 16” lintang selatan dengan arah landasan pacu 04-22 yang berarti berada di 40” bujur timur dan 220” lintang selatan.

Untuk sisi udara secara bertahap dikembangkan. Sekarang ini landasan pacu di bandara itu sepanjang 2.250 m x 45 m, apron 315 m x 85 m, taxiway 60 m x 18 m sehingga mampu didarati pesawat sejenis Boeing 737.
Sisi daratnya di antaranya terminal penumpang yang sebelumnya berukuran 1.212 m² hanya mampu menampung penumpang 100 orang pada saat jam sibuk, dikembangkan menjadi 5.000m² dengan kapasitas penumpang mencapai 350 penumpang saat jam sibuk.
Pelaksana Tugas Kabandara Syukuran Aminuddin Amir Alek Rudi Nainggolan mengatakan saat ini penerbangan melalui bandara itu antara lain kekota rute Luwuk-Makassar, Luwuk-Palu, Luwuk-Gorontalo dan Luwuk-Manado.

Comment

BERITA TERKAIT