BANDARA SYUKURAN AMINUDDIN AMIR- LUWUK Gelar Kampanye Paling Ramai dengan Spanduk Terpanjang di Indonesia

Kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap aspek keselamatan dan keamanan penerbangan terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan instansi terkait di lingkungan Kementerian Perhubungan dan stakeholder bidang transportasi udara. Termasuk pula yang dilakukan di Bandara Syukuran Aminuddin Amir.
Dua hari jelang memasuki bulan suci Ramadhan, Sabtu, 4 Mei 2019, pengelola Bandara Syukuran Aminuddin Amir memprakarsai dan menggelar kampanye keselamatan dan keamanan penerbangan. Kampanye ini mencatat jumlah peserta terbanyak atau paling ramai dari kegiatan serupa yang pernah ada selama ini di Indonesia.
Bandara ini berlokasi di desa Bubung, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai di Sulawesi Tengah. Dalam kampanye itu hadir seribuan warga desa Bubung, warga yang mendiami wilayah sekitar Bandara Syukuran Aminuddin Amir, komunitas bandara dan warga Luwuk, Ibukota Kabupaten Banggai.
Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo yang sedang bertugas di Batam, menyempatkan datang sehingga acara kampanye itu menjadi bernilai tinggi.

“Kami warga Luwuk punya komitmen mendukung program peningkatan keselamatan dan keamanan penerbangan yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan melalui pengelola Bandara Syukuran Aminuddin Amir dan komunitas yang ada di bandara ini, “ ujar Bupati Herwin seperti disampaikan Wakil Bupati Mustar Labolo.
Orang Kedua di Kabupaten Banggai itu meminta seluruh masyarakat Luwuk untuk mematuhi dan menaati aturan serta ketentuan yang berlaku secara internasional di area bandara.
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Mustar bersama Forkompimda Kabupaten Banggai melakukan penandatanganan komitmen mematuhi semua aturan keselamatan dan keamanan penerbangan di atas spanduk ukuran 1 m x 25 m yang menutupi pagar di lingkungan bandara yang selama ini masih dilalui oleh masyarakat.
“Menurut informasi yang saya dapat, ini spanduk terpanjang di Indonesia dan peserta teramai dalam memberikan komitmen atas keselamatan dan keamanan penerbangan,” ujar Wakil Bupati Mustar Labolo.
Pelaksana Tugas Kabandara Syukuran Aminuddin Amir Alek Rudi Nainggolan menyatakan program kampanye itu sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan semua pihak dalam menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan.
Kegiatan ini, kata Alek, didukung berbagai stakeholder di bandara itu dan para sponsor, dihadiri berbagai kalangan terkait, termasuk dari instansi Otban V Makassar dan mitra airlines, navigasi, aparat keamanan.
Acara dimulai dengan jalan santai mengelilingi Desa Bubung sepanjang 2 km, kemudian membagikan souvenir bunga kepada pengendara mobil dan sepeda motor yang lewat di depan bandara, dan ada pula pembagian sebanyak lebih kurang 100 doorprize dengan dihibur oleh pemusik lokal dan dari Makassar.

“Kami gembira yang hadir sekitar seribu peserta dari warga dan berbagai komunitas di lingkungan kota Luwuk, karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan kampanye keselamatan dan keamanan penerbangan ini,” ujar Plt Kabandara Alek didampingi Kodar dan Wilson.

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *