by

BANDARA ILU, PUNCAK JAYA Pentingnya Penerbangan Perintis di Ilu

Bandara Ilu

Bandar Udara (Bandara) Ilu terletak di desa Wurak, Kecamatan Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua. Dengan Panjang landasan 800 meter dan lebar 18 meter berlapis aspal kolakan, bandara ini berada di ketinggian 6.500 feet.
Ibu kota kabupaten Puncak Jaya berada di Mulia yang dapat ditempuh melalui jalan darat dengan kendaraan roda empat selama dua jam dan Ibukota Provinsi berada di Jayapura. Penerbangan perintis yang melayani Bandara Ilu, memiliki beberapa fungsi, salah satunya untuk membuka daerah terisolir atau terpencil.
“Dengan adanya penerbangan perintis dari dan ke Ilu tentunya sangat membantu masyarakat setempat dan sekitarnya untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat di kota lain. Pegawai negeri dan TNI/Polri juga terbantu dengan penerbangan bersubsidi ini karena tarif lebih murah dibanding dengan tarif regular atau carter,” tutur Kepala Bandara (Kabandara) Ilu, Omardani.
Tahun ini Bandara Ilu dilayani tiga rute perintis, yaitu rute Nabire – Ilu PP yang terbang enam kali seminggu dengan waktu tempuh selama 75 menit, rute Sentani – Ilu PP terbang seminggu sekali pada Rabu dengan waktu tempuh 70 menit, dan rute Wamena – Ilu PP terbang seminggu sekali setiap Rabu dengan waktu tempuh 30 menit. Ketiga rute tersebut dilayani oleh Susi Air dengan pesawat jenis Caravan (C-208-B) kapasitas 12 seat.
“Bagi masyarakat Ilu penerbangan perintis sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat atau keluarga mereka yang berada di Jayapura, Wamena, maupun di Nabire. Bagi PNS, TNI, dan Polri sebagai sarana transportasi udara untuk berkoordinasi dengan pimpinan yang lebih tinggi di provinsi maupun setingkat kabupaten di kota lain,” kata Kabandara Omardani. B

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT