SESMENPAR TUTUP USIA Duka bagi Pariwisata Indonesia

Reporter: Yoyoh Sulastri

JAKARTA – Senyum Sekretaris Kementerian Pariwisata (Sesmenpar) Ukus Kuswara masih terbayang merekah penuh suka-cita saat tampil memimpin  acara Wonderful Noon di Graha Niaga, Jakarta, akhir April lalu.  Saat itu pihaknya mempertemukan kalangan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dengan pegiat media sosial (medsos) demi memajukan pariwisata Indonesia.

Namun, ajang itu tercatat menjadi penampilan terakhir Ukus di depan publik. Tiga hari kemudian, Jumat (3/5/2019), pria energik dan bersahabat itu mengalami gangguan pada pembuluh darah dan dilarikan ke Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Kabar lebih mengejutkan tersiar pada Senin (6/3/2019) pagi, bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriyah. Ukus, diberitakan menghembuskan napas terakhirnya di waktu matahari baru terbit, pukul 06.15

Suasana duka-cita dan tangis pun menyelimuti keluarga besar Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Pagi itu juga jenazah almarhum segera dimandikan dan dishalatkan di RSPAD.

Pada sekitar pukul 09.30 – 10.00, jenazah diberangkatkan ke kantor Kemenpar di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Selain untuk memberikan penghormatan terakhir, jenazah juga kembali dishalatkan di tempat pengabdiannya sebagai abdi negara ini.

Selanjutnya, jenazah almarhum dibawa ke kampung halamannya, Kuningan, Jawa Barat, untuka dikebumikan di tempat pemakaman keluarga, Desa Sindang Sinor, Kecamatan Lebakwangi. Tampak ikut menyambut dan melepas jenazah almarhum, Menpar Arif Yahya.

“Kami sangat berduka dan kehilangan almarhum. Beliau amat berjasa dalam mempromosikan pariwisata Indonesia,” kata Menpar.

Editor: AN

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *