by

SANTAP ‘AYAM PRAMUGARI’ KHAS ACEH Berkaki Jenjang, Gurih, dan Renyah

Reporter: Yoyoh Sulastri

AYAM PRAMUGARI: Inilah sajian hidangan kuliner di rumah makan “Ayam Pramugari” yang pamornya tengah naik daun. Selain ayam goreng kampung yang memiliki kaki jenjang “seperti pramugari”, juga tersedia kare kambing. Semuanya lezat dan nikmat.

BANDA ACEH — Berkaki panjang dan ramping, serta gurih dan renyah. Itulah bentuk dan rasa ayam goreng yang dijual Sofyan Hasan Basri (55 tahun) di rumah makannya yang menyedot banyak peminat, di bilangan Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Paya-Ue, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Tapi, bukan sekadar itu yang membuat rumah makan Sofyan di Bumi Rencong ini diburu antrean pembeli. Melainkan, namanya itu, lho: “Ayam Pramugari”!.

Asal-usul penamaan itu bukan dari si empunya kedai makan, tapi dari “kenakalan” para pelanggan. “Kata mereka, bentuk ayamnya bagus, kakinya jenjang (panjang dan ramping) kayak pramugari,” kata Sofyan, yang lahir di Banda Aceh.

Nama yang menggelitik itu didukung cita rasa bumbu khas Aceh, ayam kampungnya fresh dan berkualitas bagus, sehingga menjadikannya salah satu kuliner andalan Bumi Serambi Makkah. Para awak pesawat yang tengah singgah di Bandara SIM juga  termasuk yang tidak mau melewatkan menikmati AYam Pramugari

“Dalam satu hari bisa menghabiskan 300-400 ekor,” kata Sofyan, yang mewarisi usaha kuliner Ayam Pramugari ini dari orangtuanya, yang sempat turut menjadi korban sapuan bencana tsunami pada Desember 2004.

Ayam Pramugari telah menjadi merk dagang yang memiliki hak paten. Namun, Sofyan belum membuka cabang di mana pun, meski pun pamor kulinernya ini sudah santer terdengar hingga Ibu Kota Negara, Jakarta.

GIRANG: Salah satu Tim Survei Bandara Award 2019, yang digelar Majalah Bandara (Jakarta), telah sepekan menyusuri bandara-bandara di Pulau Sumatera dan akhirnya tiba di Banda Aceh, Senin (22/4/2016). Mereka tampak girang setelah mimpinya sejak dari Jakarta, dapat kesampaian untuk menikmati menu rumah makan “Ayam Pramugari” di bilangan Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Paya-Ue, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar .

Buka dari pukul 08.00 hingga 17.00, selain menyediakan ayam yang dibanderol Rp60 ribu per ekor, tersedia pula kare kambing dengan harga Rp30 ribu per porsi. Olahan kambing ini juga tak kalah lezat dan laris, meski tidak dinamakan “kambing pramugari”.

Editor: AN

Comment

BERITA TERKAIT