by

‘HOT DEALS’ DI MUSIM PECEKLIK Kepri Ditarget Jual Sejuta Paket Wisata

Reporter: Rizky Indriana

BATAM – Menyiasati musim paceklik alias low season, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali meluncurkan paket wisata penuh diskon (hot deals) untuk menjaring turis asing banyak pelesiran ke Kepulauan Riau (Kepri). Provinsi yang memiliki kota besar Batam sebagai pusat industri, perdagangan, dan hiburan ini ditargetkan dapat menjual sejuta paket wisata sepanjang 2019.

“Saya mengajak semua pelaku industri wisata di Batam, Bintan, dan Kepri umumnya untuk mendukung program Hot Deals, dengan memberikan potongan harga kepada wisatawan mancanegara (wisman), terutama saat musim rendah kunjungan (low season),” kata Menteri Pastiwisata (Menpar) Arief Yahya saat “Rapat Sinkronisasi Dukungan Stakeholder melalui Program Hot Deals”, yang dihadiri 260 pelaku industry pariwisata Kepri, di Radisson Hotel, Batam, Kamis (11/4/2019).

Kalangan pelaku industri pariwisata Kepulauan Riau

Arief ingin Kepri, yang posisinya berada di perbatasan negara dengan Malaysia dan Singapura, dapat meningkatkan capaian program Hot Deals 2018 yang sukses menjual 700 ribu paket wisata. “Hot Deals tahun ini harapkan bisa terjual mencapai sejuta paket wisata,” katanya.

Arief menjelaskan, program border tourism atau pariwisata perbatasan yang paling besar ada di Kepri dengan 32 event untuk menggaet wisman. Untuk mendukung sukses meraih wisman lewat program Hot Deals, Kemenpar menganggarkan Rp26 miliar. “Anggaran tersebut tercatat paling besar untuk program crossborder di Indonesia.

Dalam program Hot Deals itu, kalangan industri pariwisata diajak memberikan insentif berupa potongan harga. “Para pelaku wisata tidak akan merugi karena program itu ditawarkan pada musim rendah kunjungan,” tegas Arief.

Diingatkan, Hot Deals pada dasarnya menjual paket wisata pada low season alias menjual sesuatu yang kurang laku. Misal, hotel di Batam okupansinya tinggi saat akhir pekan (weekend), sedangkan saat hari kerja (weekdays) drop. “Dari pada tidak laku, biaya operasional tetap harus dibayar, fix cost tetap jalan, maka saat weekdays dijual dengan paket hot deals,” katanya.

(Editor: AN)

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT