by

VISITASI DELEGASI IATEC KE STPI

-EDUCATION-401 views

Lebih dari 40 delegasi peserta Indonesia Aviation Training & Education Conference (IATEC) 2019 berkunjung ke Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug pada Selasa malam (12/03/2019).
Kedatangan para delegasi ini disambut antusias oleh Ketua STPI Novyanto Widadi. Mereka diajak berkeliling meninjau fasilitas pendidikan dan pelatihan yang ada di kampus STPI. Selain hanggar pesawat terbang yang menjadi fasilitas utama sekolah penerbang, para peserta ditunjukkan pula puluhan pesawat sayap tetap dan sayap putar yang dimiliki STPI.
Selanjutnya para peserta juga berkesempatan melihat fasilitas laboratorium simulator 360 untuk diklat Air Traffic Controller. Tidak ketinggalan, rombongan peserta visitasi juga mencoba fasilitas training yang masih langka di Indonesia, yaitu Simulator Boeing B737-800 Next Generation (NG) dan Airbus A320.
Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti.
Hayati menyampaikan bahwa di bawah BPSDM Perhubungan terdapat tujuh kampus penerbangan lainnya, yakni Politeknik Penerbangan Surabaya, ATKP Makassar dan Medan, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan di Palembang, Jayapura dan Curug serta Banyuwangi.
“Dengan berdirinya sekolah-sekolah penerbangan tersebut merupakan tindakan nyata pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan, dalam menghadapi tantangan industri penerbangan yaitu kebutuhan sumber daya manusia, perkembangan teknologi, daya saing di tingkat ASEAN maupun global, serta Industri 4.0,” katanya.


Menurut Hayati, setelah meningkatkan jumlah sekolah penerbangan, selanjutnya pemerintah dalam hal ini BPSDM akan mengambil langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing sekolah-sekolah tersebut,” ungkapnya.
Sementara itu Novyanto Widadi memiliki ekspektasi besar untuk menaikkan pamor STPI sehingga semakin dikenal di forum internasional. Kedatangan para peserta IATEC 2019 ini juga diharapkan dapat mengembangkan peluang kerjasama yang lebih luas lagi bagi STPI.

Comment

BERITA TERKAIT