by

BANDARA NUSAWIRU Dukung Program KEK Pangandaran

Bandar Udara Nusawiru

Seiring dengan adanya program pemerintah yang menargetkan Pangandaran untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Maret 2019, pengembangan Bandara Nusawiru pun terus digenjot. Pengembangan ini guna mendukung program KEK tersebut, terutama untuk memudahkan akses menuju Pangandaran, khususnya para wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin berwisata ke Pangandaran.
Kepala Bandara Nusawiru Hendra Gunawan mengemukakan pengembangan bandara antara lain adalah akan memperpanjang runway . Saat ini bandara yang terletak di Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, memiliki runway sepanjang 1.400 meter x 30 meter, dan akan diperpanjang menjadi 2.000 meter dalam dua tahap.


Kabandara Hendra

“Perpanjangan runway ini guna mendukung program pemerintah yang akan menjadikan Pangandaran sebagai KEK,” kata Kabandara Hendra saat bertemu dengan Tim Majalah Bandara beberapa waktu lalu di Bandara Nusawiru. Perpanjangan runway akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama akan diperpanjang 1.850 meter dan tahap kedua jika lahannya tersedia akan diperpanjang lagi menjadi 2.000 meter.
Bandara yang resmi beroperasi pada tahun 1996 ini sempat terhenti operasionalnya pada tahun 1997 dan kembali dibuka pada tahun 2004. Pada awal pembangunan, Bandara Nusawiru ini bertujuan untuk pariwisata Pangandaran. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bandara yang memiliki movement 60 kali sehari ini tidak hanya mendukung pariwisata, tetapi juga menjadi home base pelatihan beberapa sekolah pilot, seperti Bandung Academy Pilot, Perkasa Flying School, dan Ganesa Flight Academy, juga menjadi kebutuhan bagi masyarakat sekitar akan transportasi udara.
“Penerbangan di bandara ini setiap harinya dilayani oleh maskapai Susi Air rute Halim Perdanakusuma Jakarta – Pangandaran PP satu kali sehari dan load factor mencapai 80%. Penumpangnya selalu penuh karena dengan transportasi udara, dapat memangkas waktu tempuh perjalanan sehingga bisa menjadi lebih efektif,” sambung Hendra.
Selain itu, rencananya maskapai Wings Air juga akan membuka rute penerbangan ke Pangandaran dan akan meninjau fasilitas pendukung di bandara itu, seperti runway dan fasilitas PK-PPK Bandara Nusawiru yang sudah mencapai kategori empat.

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT