by

BANDARA NOP GOLIAT DEKAI Movement Capai 30 Kali Per Hari

Roda ekonomi di delapan kabupaten di wilayah Provinsi Papua terbantu dengan kehadiran Bandara Nop Goliat Dekai yang pergerakan pesawat melalui bandara ini sudah mencapai 30 kali per hari.
Kepala Bandara Nop Goliat Dekai S. Mahendra menjelaskan selain pesawat penumpang, bandara itu menjadi hub untuk angkutan kargo ke wilayah di sekitarnya.
“Kini movement Bandara Nop Goliat Dekai mencapai 30 kali per hari,” ujar Kabandara S Mahendra.

Kepala Bandara Nop Goliat Dekai S. Mahendra

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meresmikan Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Selasa, 18 Oktober 2016. Bandara ini berdiri di lahan seluas 230 hektare. Menhub Budi Karya mengatakan pembangunannya dimulai sejak 2004 hingga tahun 2010. “Bandara Nop Goliat Dekai sudah didarati pesawat boeing 737 NG (Pesawat Kepresidenan), hanya saja saat ini yang melayani jenis pesawat terbesar ATR 72/500 (Wings Air dan Trigana Air)” ujar Menhub usai peresmian itu.
Bandara Nop Goliat Dekai memiliki panjang landas pacu 2.500 m x 45 m, yang dilengkapi dengan tiga exit taxiway dengan ukuran 75 m x 23 m dan luas apron 320 m x 60 m. Pada sisi darat, Bandara Nop Goliat Dekai juga dilengkapi gedung terminal seluas 1.906 meter persegi.
Dengan peningkatan Bandara Nop Goliat Dekai ini, Menhub Budi menjelaskan kelak bandara ini akan berperan sebagai bandara sub-hub distribusi barang untuk wilayah Dekai dan sekitarnya. Integrasi demikian akan meningkatkan distribusi barang sehingga disparitas harga di wilayah ini bisa ditekan.
Bandara Nop Goliat juga memiliki keunggulan untuk dijadikan bandara sub-hub, karena letak geografisnya yang bisa melayani penerbangan tanpa dipengaruhi cuaca pegunungan seperti bandara lainnya di wilayah puncak Papua.
Saat ini Wings Air terbang 2x/hari melayani Sentani-Dekai-Sentani, dan Trigana Air dengan rute Wamena-Dekai-Sentani-Dekai-Wamena 1x/hari. Sementara itu pesawat charter (Kaperdium, Asianone, Airfast, Pegasus, MAF, AMA) baik dengan jenis pesawat Caravan, Pilatus maupun Heli tetap melayani ke distrik-distrik.
Bandara Nop Goliat Dekai merupakan bandara yang menjadi pintu gerbang ke Dekai, Ibukota Kabupaten Yahukimo. Kabupaten ini dikelilingi sedikitnya delapan kabupaten antara lain Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Yalima, Kabupaten Mappi dan Kabupaten Asmat. Bandara ini masuk kategori kelas II di lingkungan Bandara Unit Penyelenggaran Bandar Udara.

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT