by

BANDARA LETUNG Wings Air Terbang Empat Kali Seminggu

Bandar Udara Letung

Penerbangan Wings Air dari dan ke Anambas kini meningkat menjadi empat kali seminggu, seiring dengan semakin meningkatnya pergerakan penumpang dan tingginya permintaan masyarakat terhadap transportasi udara di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.
Empat kali seminggu itu berjadwal pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Sebelumnya, maskapai yang melayani rute Batam – Anambas ini terbang seminggu tiga kali, yakni hari Senin, Rabu, dan Jumat.
Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Letung Ariadi Widiawan mengemukakan bahwa sejak hari Senin (10/02/2019) Wings Air resmi beroperasi seminggu empat kali. Dengan meningkatnya frekuensi penerbangan di Bandara Letung tentu berdampak terhadap perekonomian daerah setempat menjadi semakin menggeliat.
“Alhamdulillah, sudah terbang empat kali seminggu. Selain antusias masyarakat yang tinggi, tapi juga memiliki market yang bagus karena Anambas memiliki potensi wisata yang tinggi,” katanya.

Kepala Satuan Pelayanan Bandara Letung Ariadi Widiawan

Sejak resmi beroperasi pada Desember 2016 silam, kehadiran Bandara Letung tidak hanya mendongkrak pariwisata Anambas menjadi semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan, tetapi juga turut mendongkrak perekonomian daerah. “Bandara ini tidak hanya menjadi gerbang udara utama dari dan ke Anambas serta memudahkan akses wisatawan saja, tapi yang lebih penting dari itu adalah pendistribusian orang dan barang dari dan ke Anambas menjadi lebih cepat sehingga laju perekonomian setempat pun kini mengalami peningkatan sehingga manfaat kehadiran bandara sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar,” jelas Kasatpel.
Bandara Letung merupakan salah satu bandara yang dibangun di wilayah perbatasan Indonesia, sehingga bandara ini juga berperan penting dalam menjaga serta peneguh kedaulatan NKRI. Kehadiran Bandara Letung di wilayah perbatasan juga merupakan wujud nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat perbatasan melalui infrastruktur dan moda transportasi.
Bandara Letung memiliki runway sepanjang 1.400 meter x 30 meter. Selain penerbangan reguler yang dilayani oleh maskapai Wings Air menggunakan pesawat jenis ATR-72, bandara ini juga melayani penerbangan perintis Susi Air rute Tanjung Pinang – Anambas seminggu dua kali, yaitu hari Selasa dan Kamis serta melayani penerbangan pesawat carter yang mengangkut wisatawan.

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT