KOTABARU, Kabandara Baru Semangat Baru

Bupati Kabupaten Kotabaru Sayed Jafar Alidrus, Kabandara Ferdinan Nurdin

Kepala Bandara Gusti Sjamsir Alam Ferdinan Nurdin mengusung semangat baru untuk mengembangkan bandara di Kotabaru. Semangat baru itu tergambarkan dalam program yang telah disiapkan.
Menurut Ferdi, sapaan akrab Kabandara Ferdinan, ia dan jajaran telah menyiapkan program-program untuk 100 hari pertama dalam memimpin bandara di Kotabaru tersebut. Program yang akan diwujudkan tersebut sangat spesial, seperti yang tercantum dalam Rencana Induk Bandara Gusti Sjamsir Alam tahap I.

Sejumlah tantangan, lanjut Kabandara Ferdi, ada di depan mata. Misalnya, tugas mengawal relokasi jalan dan pembebasan lahan yang perlu dikoordinasikan dengan dinas terkait dan Pemerintah Daerah Kotabaru.
Kabandara Ferdi yang diangkat sebagai Kepala Bandara Gusti Sjamsir Alam sejak 10 Januari 2019 menyampaikan bahwa intinya sampai April 2019 akan banyak berkoordinasi. “Hal ini guna memperoleh dukungan penuh dari pemerintah setempat,” kata Kabandara Ferdi saat ditemui Majalah Bandara setelah rapat koordinasi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru di Kantor Bupati pada Senin ( 18/2/2019) lalu.
Untuk memudahkan komunikasi dalam berkoordinasi, Kabandara Ferdi sudah membuat grup WhatsApp yang beranggotakan para pejabat setempat dan tim. Dengan begitu, lanjutnya, semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat. “Kalau tidak perlu bertemu kenapa bertemu, begitu kira-kira. Yang paling penting urusan ini cepat selesai, terkoordinasi, dan beres,” kata Kabandara Ferdi.


Kabandara juga telah memiliki tim optimalisasi dan sinkronisasi yang bekerja tanpa kenal waktu untuk mengatur rencana pengembangan bandara. Pemerintah Daerah akan mengeluarkan Rencana Tata Ruang yang telah dirapatkan di instansi terkait. “Insya Allah aman terkendali karena kita aktif bertemu, musyawarah, saling memahami,” katanya.
Menyinggung tentang masterplan, Kabandara menyebutkan penambahan panjang runway yang direkomendasikan dalam masterplan adalah 2. 000 meter x 45 meter dari 1.650 m x 30 m saat ini, pelebaran runway adalah satu sisi selebar 15 meter ke arah barat daya karena pertimbangan ketersediaan lahan bandara. Lebar runway strip menjadi total 300 m sisi kiri kanan.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kotabaru Said Akhmad dan Kabandara Ferdinan Nurdin

Di akhir pertemuan Kabandara Ferdi mengungkapkan motto dari tim, yakni: ” Kotabaru – Bandara Baru” pantang pulang tanpa hasil… Saatnya bekerja bukan bicara… Berkarya bukan bergaya… Beraksi bukan pasang aksi… Buat prestasi bukan basa basi… Kerja… Kerja… Kerjasama… Bersama pasti kita bisa, Kalau bukan sekarang kapan lagi dan kalau bukan kita siapa lagi…

Kabandara Gusti Sjamsir Alam Ferdinan Nurdin bersama staff

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *