by

Bandara Tanjung Api Tiga Terbaik Kelas III

Kepala Bandara Tanjung Api Fitrajaya Siwu bersama staf

Bandara Tanjung Api di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, memperoleh penghargaan sebagai bandara terbaik ketiga UPBU Kelas III komersial pada ajang Bandara Awards 2018.
Kepala Bandara Tanjung Api Fitrajaya Siwu bersyukur atas raihan prestasi itu. Hal ini menunjukkan pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa bandara sudah berlangsung baik. Sebab, kriteria yang digunakan dewan juri Bandara Awards 2018 juga di antaranya terkait pelayanan.
“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja tim yang solid dan tentunya tak lepas dari dukungan Pemda ,” kata Fitra. Penghargaan diberikan pada Jumat (7/12/2018) malam.
Menurutnya, pelayanan terbaik memang harus diberikan kepada pengguna jasa, apalagi ke depan penerbangan melalui bandara tersebut berpotensi untuk bertambah, mengingat bandara itu menjadi gerbang ke sejumlah destinasi wisata. Selama ini penerbangan yang sudah berjalan adalah Wings Air dengan menerbangi rute Palu ke Ampana ibukota Kabupaten Tojo Una-Una.


“Kami menjajaki dua rute baru, ” ujar Kabandara Fitrajaya Siwu yang sebelumnya bertugas di Bandara Tanah Merah Boven Digoel, Papua. Untuk jangka panjang, kata Fitra, pihaknya mengusahakan penerbangan dengan pesawat berbadan lebar.
Bandara Tanjung Api kini memiliki runway dengan ukuran panjang 2.110 meter x 30 meter. Runway ini mampu didarati pesawat badan lebar sejenis Boeing 737-500.
Bilamana pesawat berbadan lebar bisa mendarat, maka kian banyak wisatawan yang bisa diangkut. Umumnya wisatawan bertujuan ke Kepulauan Togean, yakni pulau-pulau kecil yang terhampar di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Secara administrasi, Kepulauan Togean berada di bawah Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una dan merupakan bagian dari Taman Laut Kepulau Togean. Gugusan itu terdiri dari sekitar 400 pulau. Sebut saja pulau besarnya macam Pulau Una-una, Batudaka, Togean, Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi.

Comment

BERITA TERKAIT