Bandara Tambolaka Dua Kali Juara II

PLT. Kepala Bandara Tambolaka Samad Abdul saat menerima penghargaan Juara II kategori UPBU Kelas II

Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, kembali mendapatkan penghargaan Bandara Awards 2018 dalam kategori UPBU Kelas II dengan layanan terbaik. Kali ini bandara yang memiliki panjang runway 2.300 meter x 45 meter itu menduduki posisi Juara II di kelasnya dalam ajang penghargaan bandara terbaik Indonesia tersebut. Pada tahun 2017 Bandara Tambolaka juga meraih juara II.
“Mempertahankan sebuah prestasi itu lebih sulit dari pada mendapatkannya. Pada Bandara Awards 2017, Bandara Tambolaka juga meraih Juara II dan kini kembali Juara II. Itu artinya pelayanan yang kami berikan untuk pengguna jasa bandara yang terbaik tetap konsisten. Kami akan terus bekerja keras dan meningkatkan kualitas pelayanan kami, tidak hanya sampai di sini,” ujar PLT. Kepala Bandara Tambolaka Samad Abdul.
Samad menambahkan bahwa penghargaan yang berhasil diraih oleh Bandara Tambolaka selain karena kerja keras seluruh anggota bandara, juga karena dukungan Pemkab Sumba Barat Daya dan masyarakat yang selama ini juga mendukung pengembangan bandara hingga menjadi besar seperti saat ini.
“Ini semua berkat kerja keras seluruh anggota bandara dan komunitas Bandara Tambolaka yang sama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara. Selain itu, juga karena masyarakat dan Pemkab yang mendukung penuh pengembangan bandara ini,” sambungnya.
Bandara Tambolaka merupakan gerbang udara utama menuju ke wilayah Sumba Barat Daya, khususnya ke Pulau Sumba. Pergerakan pesawat di bandara ini dalam sehari mencapai 14 kali per hari dan pergerakan tak berjadwal mencapai 20 kali per bulan baik itu pesawat TNI AU maupun pesawat carter yang membawa rombongan wisatawan mancanegara.
Semakin tingginya pergerakan pesawat di Bandara Tambolaka juga berdampak terhadap perekonomian daerah itu yang turut meningkat. Dampak lainnya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara pun semakin ramai berkunjung ke Pulau Sumba karena akses yang semakin terbuka juga mudah dan banyak pilihan.
Berdasarkan catatan, pergerakan penumpang berangkat di bandara ini dalam sehari kurang lebih mencapai 300, sedangkan penumpang datang mencapai 350 per hari. Penerbangan di Bandara Tambolaka juga kini sudah dilayani oleh tiga maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Nam Air, dan Wings Air.

Bandara Tambolaka


Garuda Indonesia menggunakan pesawat CRJ-1000 menerbangi rute Kupang – Tambolaka – Denpasar PP dua kali sehari dan Nam Air melayani rute penerbangan yang sama menggunakan pesawat Boeing 737-500 sehari dua kali. Sedangkan Wings Air menerbangi rute Denpasar – Tambolaka PP satu kali sehari serta melayani rute Ende – Tambolaka – Kupang PP dua kali sehari menggunkan pesawat jenis ATR 72-600.
“Sudah semakin ramai dan banyak pilihan dari dan ke Tambolaka, artinya semakin banyak penumpang pesawat yang menggunakan jasa bandara ini. Terkait dengan pelayanan terbaik, segenap jiwa kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk pengguna jasa bandara agar mereka puas dan nyaman berada di Bandara Tambolaka dan tetap mengedepankan keselamatan dan keamanan penerbangan,” ungkap Samad Abdul. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *