by

Gek Tuty : Perempuan Tangguh Dari Pulau Dewata

A.A.S.I.A Dharmawati atau yang akrab disapa Gek Tuty adalah sosok perempuan tangguh di tengah eksotisme Pulau Dewata, Bali. Ketangguhan dan semangatnya dalam mengarungi dunia usaha patut dijadikan inspirasi oleh kaum Hawa. Siapa saja yang mendengar dan melihat kegigihannya dalam mencapai kesuksesannya sebagai business woman, mereka akan termotivasi.
Perempuan kelahiran Denpasar ini memulai karirnya pada tahun 1996 dengan bekerja sebagai staff perbankan. Dengan bermodal pengalaman tersebut, Gek Tuty yang ulet dan selalu bersikap positif terus memperkaya pengetahuannya tentang dasar-dasar ilmu keuangan yang didukung dengan kemampuannya dalam berkomunikasi, terbukalah jalan baginya untuk menjadi tenaga pemasaran yang handal, membanggakan dan patut diacungi jempol.
Berkat semangat dan kegigihan juga kerja kerasnya, sederet penghargaan bergengsi pun berhasil diraih oleh Gek Tuty, di antaranya adalah penghargaan bergengsi di dunia finance, yakni MDRT (Million Dollar Round Table) pada tahun 2011 dan 2012, ACE Council Club pada tahun 2011, dan lain sebagainya. Selain itu, tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan besar yang meliriknya untuk bergabung, namun ia justru tertarik membuat usaha sendiri.
Sukses menimba ilmu di Roy Weston dan Harcourts Internasional untuk Indonesia, dengan tekad bulat, Gek Tuty pun memberanikan diri memulai bisnis property dengan menggandeng beberapa temannya. Namun tak lama Indonesia pun dilanda krisis moneter, tetapi masalah itu justru memacu semangatnya untuk bertumbuh menghadapi cobaan dalam berpeskulasi juga dalam membaca peluang di bidang yang lain tanpa harus meninggalkan bisnis property.
“Gampang-gampang susah situasi ketika itu. Positifnya, kepekaan saya dalam melihat peluang menjadi terasah. Dengan perhitungan matang, saya ingin memberikan nilai pada setiap usaha yang saya lakukan,” katanya mantap.
Kemampuannya bertahan di bisnis property hingga saat ini, membuat ia dipercaya sebagai Ketua Perkumpulan Kontraktor Pertiwi Indonesia (Perkopin) wilayah Bali yang dilantik di Jakarta beberapa waktu lalu.
Setelah sukses di bidang property dan berhasil meraih setumpuk penghargaan, kini Gek Tuty juga merambah dunia fashion dengan membangun perusahaan Buti-Buti yang memproduksi t-shirt dengan design inspiration yang mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan serta memproduksi kain tenun dan pakaian khas Bali yang berbahan dasar dari kain tenun tersebut dan banyak digunakan di berbagai acara bergengsi, salah satunya adalah dalam acara Bandara Awards 2018 yang diselenggarakan oleh Majalah Bandara.
Selain ‘gerak lincah’ membangun karir, Gek Tuty juga memiliki kepedulian pada pembangunan karakter. Ia meyakini, karakter yang baik akan terwujud apabila sejak dini anak-anak telah diberi pengarahan secara tepat. Di samping itu, ia juga aktif dalam gerakan Nationality Character Building untuk anak muda Indonesia. Gerakan ini diwujudkan melalui kerjasama dengan Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali, DHD Angkatan 45 Provinsi Bali, GNPP Provinsi Bali, serta Monumen Perjuangan Bangsal dalam Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Tingkat Pelajar. Selama 2 tahun belakangan, gerakan yang dilaksanakan secara swadaya ini telah diikuti lebih dari 6 ribu peserta, dari tingkat TK hingga SMA.
Meskipun rutinitas Gek Tuty begitu padat, ia tidak pernah melupakan kodratnya sebagai wanita Bali. Ia adalah sosok ibu bagi ketiga putranya yang juga berprestasi. Terlepas dari urusan bisnis, ia selalu menyempatkan diri mengurus rumah tangganya, bersosialisasi dengan lingkungan, dan memohon segala kebaikan kepada Sang Pencipta. “Restu dari orang tua, support dari saudara dan teman-teman, jika diiringi doa dan semangat, akan membuahkan hasil, apapun jenis usaha yang kita geluti. Saya bisa sampai pada titik kesuksesan ini semua berkat dukungan dan doa dari keluarga, khususnya doa restu orang tua yang tak pernah henti,” ujarnya.
Gambaran keikhlasan, ketulusan, dan kebersahajaan yang dimiliki Ketua Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA) cabang Denpasar ini benar-benar menjadi inspirasi. Kegigihannya dalam mempromosikan pelaku usaha dan menawarkan hasil usaha para UKM, terbukti berhasil mengundang pengusaha daerah ikut bergabung dalam berbagai kegiatan. B

A.A.S.I.A Dharmawati
Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT