Bandara Baru Beijing : Terbesar dan Termegah di Dunia

Pemerintah Cina terus mempercepat pembangunan Bandara Baru Beijing yang digadang-gadang akan menjadi bandara terbesar dan termegah di dunia. Bandara Baru yang saat ini sedang dalam pembangunan itu terletak di antara Distrik Daxing dan Langfang itu memiliki luas 700.000 meter persegi, dan berjarak 67 kilometer dari selatan Ibukota Beijing.
Pembangunan bandara megah bernama Daxing International Airport itu melibatkan sekitar 8.000 tenaga kerja dan rencananya akan beroperasi pada tahun 2019.
Pemerintah setempat optimis bahwa pembangunan megaproyek tersebut akan rampung sesuai dengan rencana dan tidak akan tertunda. Selain itu, semua proyek engineering juga diperkirakan akan selesai pada akhir Juni 2019.
“Bandara Baru ini dibangun untuk mengurangi kelebihan beban penumpang dari dua bandara lain yang berada di Beijing. Bandara Internasional Daxing ini siap beroperasi tahun 2019,” ungkap Li Jianhua selaku Wakil Ketua Perencanaan Konstruksi Bandara Baru.
Saat bandara ini sudah beroperasi dengan kapasitas penuh pada tahun 2025, bandara ini akan memiliki delapan landasan pacu yang dapat melayani penumpang sebanyak 72 juta orang per tahun. Design bandara baru ini dirancang menyerupai bentuk bunga raksasa sehingga membentuk terminal bantara secara menyatu. Selain itu, saat Bandara Daxing sudah mulai beroperasi juga akan terhubung dengan system transportasi canggih seperti kereta api cepat, subway, dan kereta antarkota.
Setelah bandara baru ini selesai dibangun, rencananya dua maskapai penerbangan terbesar di China akan memindahkan kantor pusat mereka ke Bandara Daxing, yakni China Eastern Airlines Corp dan China Southern Airlines Co. B


Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *