by

Bandara Awards

“Kepada rekan-rekan pemimpin bandara, maupun GM bandara, jangan henti-hentinya melakukan improvisasi guna mendorong daya saing,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika memberikan sambutan pada acara penganugerahan penghargaan Bandara Awards 2017 di Jakarta, Selasa ( 14 November 2017) lalu.
Saat itu Menhub Budi Karya menambahkan kalau bisa membangun, maka harus juga bisa merawat. Kalau bisa menampilkan bangunan yang cantik, maka juga harus memiliki kemampuan memberikan level of service yang baik.
Itulah yang ditekankan Menhub, pelayanan! Para pengguna jasa bandara bisa mengukur sejauh mana pelayanan yang mereka rasakan. Bandara Awards merupakan ekspresi para pengguna jasa bandara atas pelayanan yang mereka peroleh.
Bandara Awards tahun lalu memberikan penghargaan tertinggi kepada Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Terminal kebanggaan Indonesia itu terpilih menjadi bandara terbaik (Best Airport of The Year) di Indonesia tahun 2017 versi Majalah Bandara. Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengungguli 105 bandara di Indonesia.
Apakah tahun ini Terminal 3 terpilih kembali sebagai yang terbaik? Awal Desember 2018 direncanakan ada pemberian penghargaan Bandara Awards 2018.
Event tahunan ini diselenggarakan oleh Majalah Bandara. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kesepuluh. Tentu saja sepuluh tahun bukanlah waktu yang singkat, banyak pengalaman berharga yang bermanfaat bagi perbaikan penyelenggaraannya. Setiap tahunnya selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam ajang bergengsi ini guna memberikan apresiasi kepada pengelola bandara yang telah berupaya memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada pengguna jasa selama berada di bandara.
Penilaian Bandara Awards dilakukan dengan metode Survei Kepuasan Pengguna Jasa Bandara, yakni memberikan kuesioner secara langsung kepada penumpang pesawat yang akan berangkat dari bandara tersebut. Survei ini dilakukan dari satu bandara ke bandara lain, baik itu bandara yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, maupun bandara yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, yakni UPBU Kelas I, II, Kelas III dan Kelas III yang melayani penerbangan perintis.
Bandara Awards pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009. Saat itu jumlah yang disurvei sebanyak 26 bandara. Setiap tahunnya bandara yang disurvei semakin bertambah. Tahun 2018 ini jumlah bandara yang ikut berpartisipasi dalam ajang Bandara Awards sebanyak 105 bandara.
Selain memberikan apresiasi kepada pengelola bandara, diselenggarakannya Bandara Awards juga bertujuan untuk menumbuhkan motivasi kepada seluruh pengelola jasa bandara di Tanah Air agar berlomba-lomba meningkatkan kualitas pelayanan dan pembaruan fasilitas, serta mengajak semua pihak terkait dengan kegiatan jasa kebandaraan untuk saling mendukung dan bekerjasama dalam meningkatkan kepuasan pelayanan pelanggan juga mengajak seluruh pengguna jasa bandara untuk ikut bersama-sama menjaga ketertiban dan kebersihan bandara.
“Bandara Awards telah membangun kompetisi sehat sehingga terdorong untuk memperbaiki pelayanan di masing-masing bandara,” begitu kata Menhub Budi Karya. (*/B) B

Comment

BERITA TERKAIT