Tour de Singkarak 2018 Kembali Diselenggarakan

Tour de Singkarak (TdS) 2018 kembali diselenggarakan pada tanggal 03 – 11 November 2018. Untuk yang ke-10 kalinya event bergengsi ini diselenggarakan.
Tour de Singkarak merupakan ajang balap sepeda yang memadukan antara promosi pariwisata dan olahraga secara atraktif. Pada event TdS tahun ini melintasi 15 Kabupaten /Kota di Provinsi Sumatera Barat sepanjang 1.267 KM, start dimulai dari Kota Bukittinggi dan finish di Kota Pariaman. TdS tahun ini diikuti oleh 15 team dari mancanegara dan lima team nasional.
Sumatera Barat merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia, khususnya dalam sport, culture & tourism. Berdasarkan catatan tahun 2017, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Barat sebanyak 56.313 wisman dan 6,5 juta wisatawan nusantara (wisnus). Dengan diselenggarakannya TdS 2018 ini yang juga merupakan sport tourism diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestic, karena event ini juga merupakan ajang untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki oleh Sumatera Barat.
Penyelenggaraan TdS juga diakui oleh Amouri Sport Organization (ASO) dan Union Cycliste Internationale (UCI) sebagai event balap sepeda dengan jumlah penonton terbanyak peringkat ke-5 di dunia. Sesuai dengan usianya yang ke-10, TdS tahun ini mengusung tema ‘One Decade For All’.
Sejak diselenggarakannya pertama kali event ini pada tahun 2009 silam, TdS menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Barat. Kini di Sumatera Barat sudah banyak destinasi wisata baru yang bermunculan dan dikenal oleh masyarakat luas. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *