by

STTKD Yogyakarta : Mengenal Program Studi & Peluang Lapangan Kerja

Ketua STTKD Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi dalam pengarahan kepada 1.318 taruna-taruni baru STTKD pada September lalu di Ruang Kuliah Umum menyampaikan bahwa STTKD yang mempunyai komitmen sebagai Kampus Disiplin dan centre of excellent akan membentuk para taruna-taruninya memiliki ciri 5 T, yaitu Taqwa, Teknokrat, Tanggap, Tanggon, Trengginas. Kini para taruna-taruni itu telah aktif mengikuti kuliah sesuai dengan program studi yang mereka pilih. Kesemua program studi telah memperoleh akreditasi BAN-PT peringkat ‘B’. Apa saja program studi yang ada di STTKD? Program studi itu meliputi:

1. S1 Teknik Dirgantara
2. D4 Manajemen Transportasi Udara
3. D3 Aeronautika
4. D3 Manajemen Transport
5. D1 Pramugari-pramugara
6. D1 Ground Handling

S1-TEKNIK DIRGANTARA SK Menristekdikti No : 110/KPT/I/2015 (Izin Penyelengaraan)

Menyelenggarakan pendidikan dengan konsentrasi keilmuan Aircraft Maintenance dan Desain Pesawat Tanpa Awak.

Lulusan program studi S1 Teknik Dirgantara dipersiapkan menjadi konseptor dan pembuat sistem dalam bidang rangka pesawat terbang dan memiliki kualifikasi kemampuan dan pengetahuan tentang perangkat keras pesawat terbang yang berhubungan dengan perkembangan teknologi kedirgantaraan dalam dunia penerbangan lebih khusus lagi diarahkan untuk mengembangkan teknologi UAV.

Lulusan juga berkemampuan menerapkan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi, bekerjasama secara efektif untuk meningkatkan produktivitas, bersikap profesional, beretika dan bertanggung jawab sosial serta berwawasan luas dalam menyikapi perkembangan teknologi, berkomitmen terhadap peningkatan kualitas suatu proses perkembangan teknologi.

D4- MANAJEMEN TRANSPORTASI UDARA SK BAN-PT: 2439/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2017 (Akreditasi Prodi ‘C*’ karena prodi baru dan belum ada lulusan)


Program sarjana terapan bidang MTU dengan multi disiplin ilmu mempersiapkan profesional di bidang transportasi udara dengan mengenal lebih tentang manajemen yang khusus di bidang penerbangan, perangkat pendukung dan fasilitas penerbangan mempunyai empat konsentrasi jurusan Pramugari, Ground Handling, Airport Oprasional, dan Manajemen Perusahaan.
Program Studi MTU STTKD bertujuan untuk membentuk tenaga-tenaga terampil tingkat menengah yang akan bekerja di perusahaan-perusahaan industri jasa penerbangan antara lain Perusahaan Pengelola Bandar Udara, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Jasa Ground Handling, Biro Jasa Perjalanan, Perusahaan Jasa Cargo Udara dan tidak menutup kemungkinan bekerja di pemerintahan.

D3-AERONAUTIKA SK BAN-PT: 2439/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2017
(Akreditasi Prodi ‘B’)


Program studi D3 Aeronautika (AE) bertujuan menyiapkan dan menghasilkan seorang ahli perawatan pesawat udara (Aircraft Maintenance Engineer). Selain itu, juga dapat memenuhi kualifikasi untuk bekerja di perusahaan penerbangan sipil nasional maupun internasional. Kualifikasi itu sesuai tuntutan sebagai Aircraft Maintenance Engineer.

Sarana praktikum yang dimiliki oleh Program Studi D3 Aeronautika cukup memadai untuk melaksanakan praktikum. Sarana itu di antaranya : Bengkel Produksi, Laboratorium Gambar Teknik, Engine Shop, Piston Engine dan Jet Engine, dan laboratorium komputer.

D3-MANAJEMEN TRANSPORTASI SK BAN-PT: 4927/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017
(Akreditasi Prodi ‘B’)


Perencanaan & Pengaturan Sistem Transportasi Udara sesuai Perkembangan Teknologi

Membentuk tenaga terampil tingkat menengah yang akan bekerja di perusahaan industri, jasa penerbangan antara lain perusahaan pengelola bandar udara, perusahaan penerbangan, perusahaan jasa ground handling, biro jasa perjalanan, perusahaan jasa kargo udara dan bekerja di pemerintahan.
Manajemen perusahaan penerbangan mempunyai tugas untuk mengatur dan membuat rencana perusahaan penerbangan, mengatur Sistem Transportasi Udara sesuai dengan perkembangan teknologi penerbangan.

D1-PRAMUGARI SK BAN-PT: 4838/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-I/XII/2017 (Akreditasi Prodi ‘B’)


Mendidik dan menyiapkan calon tenaga kerja yang handal, profesional dan berdaya saing tinggi dalam bidang Pramugari.
Satu-satunya pendidikan pramugari dengan ijin penyelenggaraan dari Kementerian Dikti yang berjenjang diploma satu dan berakreditasi BAN-PT. Meluluskan ahli pratama (AP.Pnb) yang mampu, terampil, dan profesional sebagai awak kabin dengan dibekali ilmu yang diakui oleh Dirjen Perhubungan Udara.
Berkembangnya perusahaan penerbangan memberikan peluang bagi taruna-taruni maupun alumni Program Studi Pramugari STTKD untuk berkompetensi menempati posisi seperti Pramugari Udara dan staff bandar udara seperti Ticketing and Reservation, Greeting Service dan Schedulling.

D1-GROUND HANDLING SK BAN-PT: 184/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-I/I/2018 (Akreditasi Prodi ‘B’)


Menghasilkan lulusan Ahli Pratama yang memiliki integritas kepribadian, berjiwa pemimpin, dan beretika profesional, mampu bersaing di dunia kerja di masa kini dan mendatang.
Program studi jenjang diploma satu sudah terakreditasi BAN-PT. Menyediakan lulusan Ahli Pratama (AP.Pnb) dengan ilmu dan keterampilan dalam rangka mempersiapkan keberangkatan dan kedatangan pesawat terbang, pelayanan keberangkatan dan kedatangan penumpang, bagasi, cargo, dan mail.

Lulusan memiliki integritas kepribadian, berjiwa pemimpin dan beretika profesional, mempu bersaing di dunia kerja masa kini dan mendatang. Lulusan dapat bekerja pada perusahaan penerbangan (Arilines, Carter Pesawat Terbang, Ground Handling Service, Tour and Travel serta perusahaan Cargo, dll.). B

Comment

BERITA TERKAIT