Sinergi Bersama Untuk Peningkatan Keselamatan Penerbangan

Dalam rangka meningkatkan keselamatan penerbangan telah dilakukan upaya penurunan gangguan frekuensi radio penerbangan yang berasal dari frekuensi radio illegal ataupun perangkat radio yang tidak sesuai dengan standar disekitar Bandara Soekarno Hatta secara rutin dan berkesinambungan, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Pengoperasian Bandar Udara Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Ubaedillah.
Sebagai contoh pada tanggal 4 s/d 8 Juni 2018 telah dilakukan Penertiban Gabungan antara Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I, Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Tangerang, Direktorat Pengendalian SDPPI, Perum LPPNPI Cabang JATSC, Korwas PPNS Polda Metro Jaya dan Korem 052 Wijayakrama Kodam Jaya. Hasil pelaksanaan kegiatan penertiban frekuensi radio illegal disekitar Bandara Soekarno Hatta dengan menyegel perangkat radio diantaranya sebagai berikut : Radio Tanggo (91 Mhz), Radio Suka Hati (96,1 Mhz), Radio Daffa (102,8 Mhz), Radio RKM (92,6 Mhz), Radio Elsamba (94,1 Mhz),Radio Family (102,4 Mhz) dan Radio Perkasa (103,2 Mhz ) dan beberapa radio tersebut sering menganggu penerbangan.
Sebagai dasar legalitas dan kepastian hukum dalam penanganan gangguan frekuensi radio penerbangan, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama sebagai regulator mendukung penuh terwujudnya Kesepakatan Teknis Pengamanan Spektrum Frekuensi Radio Penerbangan (LOCA) yang telah ditandatangani bersama oleh Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Tangerang dan General Manager Perum LPPNPI Cabang JATSC Soekarno Hatta di Yogyakarta pada tanggal 7 September 2018.
Mengingat bahwa komunikasi penerbangan merupakan faktor utama dalam pelayanan navigasi penerbangan, sehingga kesepakatan seperti ini yang berkesinambungan diharapkan dapat menurunkan tingkat gangguan frekuensi radio penerbangan dari gangguan radio illegal dan akan meningkatkan keselamatan penerbangan. B

Penandatanganan LOCA Kerjasama Penanganan Gangguan Komunikasi Penerbangan dari Frekuensi Radio Ilegal/Liar

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *