Menhub Menawarkan Bandara di Sumut pada Pertemuan IMF

Dalam rangkaian penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menawarkan sejumlah proyek infrastruktur transportasi strategis kepada para investor. Di antaranya sejumlah bandara di Sumatera Utara ditawarkan sebagai upaya meningkatkan konektivitas domestik dan internasional di Indonesia.
Penawaran itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan pada acara seminar kerja sama antara Kementerian Kemaritiman, dan Kementerian Keuangan dengan lembaga pemeringkat keuangan Internasional Standard and Poors (S&P) Global Rating bertema “Infrastructure and Sustainable Financing in Asia Sovereign Ratings Outlook” di Hotel Conrad Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).
Pada acara tersebut Menteri Perhubungan hadir bersama Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan tentang pembangunan infrastruktur di Indonesia untuk mendukung program pembangunan “belt and road”. Di depan para peserta seminar, Menhub Budi Karya mengatakan terkait dengan adanya program belt and road, pemerintah fokus membangun insfrastruktur transportasi di tiga wilayah Indonesia.
“Prioritas pembangunan infrastruktur transportasi fokus di tiga wilayah yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Utara, dan Bali dengan total investasi yang dibutuhkan sebesar 15,1 miliar dolar Amerika,” kata Menhub.
Pembangunan infrastruktur tersebut, menurut Menhub, penting dilakukan untuk meningkatkan konektivitas domestik dan internasional di Indonesia. Untuk di wilayah Sumatera Utara Menhub menjelaskan ada tiga moda transportasi yang dibangun yaitu moda kereta api, moda laut, dan moda udara. Pada moda udara, infrastruktur yang ditawarkan di antaranya pembangunan Bandara Sibolga, Bandara Silangit, dan kawasan Aerotropolis di Bandara Kualanamu dengan nilai investasi sebesar 796 juta US dollar.
Menhub menambahkan pemerintah Indonesia akan menyediakan insentif untuk investasi di sektor industri, pariwisata, dan kawasan ekonomi khusus. Selain itu, pemerintah Indonesia akan memfasilitasi investasi dengan reformasi fiskal, deregulasi, kebijakan untuk pemberantasan korupsi dan kebijakan reformasi di sektor teknologi informasi dan komunikasi. (*/B)

Bandara Silangit
Bandara FL. Tobing
Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *