Bandara Kamur Tingkatkan Fasilitas di Tengah Keterbatasan

Di tengah keterbatasan, pengelola Bandara Kamur terus berupaya memaksimalkan pelayanan bandara dengan melakukan berbagai inovasi demi kenyamanan pengguna jasa bandara.
Bandara Kamur yang terletak di Distrik Pantai Kasuari, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, merupakan UPBU Kelas III yang posisi bangunan terminalnya berada di atas rawa dan gedung terminalnya terbuat dari kayu. Berada di pelosok ujung timur Indonesia, tak membuat pengelola Bandara Kamur patah semangat dalam meningkatkan pelayanan bandara dalam keterbatasan fasilitas yang seadanya.
“Memang peningkatan itu tidak terlihat jelas dan tidak terlalu banyak juga signifikan karena semua terbatas dengan anggaran. Namun demikian, kami terus berupaya membuat pengguna jasa bandara bisa merasakan nyaman berada di bandara dengan membuat kantin. Meskipun kantin ini tidak besar dan menu yang ditawarkan sangat sederhana, tapi kantin di bandara terpencil ini memberikan arti yang besar dalam menunjang pelayanan kami terhadap pengguna jasa bandara serta pegawai akan kebutuhan makan juga minum dan bersantai sambil menunggu datangnya pesawat. Selain kantin, kami juga baru menyelesaikan perbaikan jalan akses apron ke terminal,” ungkap Kepala Bandara Kamur Sigit Buntara.
Meskipun bandara perintis dan berada di pelosok yang jauh dari jangkauan Pemerintah Pusat, namun Sigit optimis Bandara Kamur bisa berkembang dan yang terpenting adalah standar minimum operasional bandara terpenuhi. “Berada di pelosok, apa yang bisa kami kerjakan, ya kami kerjakan. Yang penting standar minimum dipenuhi,” sambung Sigit.
Terkait pengembangan dan program 2019 Bandara Kamur, Sigit juga menambahkan bahwa ia dan anggotanya hanya mengajukan pengadaan air bersih dan rumah dinas pegawai, karena untuk mendapatkan air bersih, harus membelinya Rp 10.000 untuk satu setengah liter. Sedangkan dua unit rumah dinas yang ada saat ini dirasa masih kurang, sehingga dengan terpaksa bangunan kantor operasional yang ada disekat untuk dihuni bersama oleh dua pegawai berkeluarga dan tiga pegawai membujang. Kami berharap semoga yang kami ajukan ini disetujui. B

Kantin baru Bandara Kamur
Jalan akses apron ke terminal
Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *