Bandara Awards 2018 Tahun Kesepuluh, Bandara yang Disurvei Capai 105

Dijadwalkan awal Desember 2018 berlangsung penganugerahan penghargaan Bandara Award 2018. Event tahunan ini diselenggarakan oleh Majalah Bandara. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kesepuluh. Tentu saja sepuluh tahun bukanlah waktu yang singkat, banyak pengalaman berharga yang bermanfaat bagi perbaikan penyelenggaraannya. Setiap tahunnya selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam ajang bergengsi ini guna memberikan apresiasi kepada pengelola bandara yang telah berupaya memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada pengguna jasa selama berada di bandara.
Penilaian Bandara Awards dilakukan dengan metode Survei Kepuasan Pengguna Jasa Bandara, yakni memberikan kuesioner secara langsung kepada penumpang pesawat yang akan berangkat dari bandara tersebut. Survei ini dilakukan dari satu bandara ke bandara lain, baik itu bandara yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, maupun bandara yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, yakni UPBU Kelas I, II dan III.
CEO Bandara Indonesia Grup Wita Anggraini mengemukakan perjalanan yang ditempuh oleh tim Majalah Bandara menuju satu bandara dan bandara lainnya tidak mudah. “Mulai dari perjalanan darat, laut hingga udara semua ditempuh untuk sampai ke bandara tujuan guna melakukan survei,” katanya menggambarkan perjalanan survei dimaksud. Dari Sabang sampai Merauke, maupun dari Miangas hingga Rote, tim Majalah Bandara tak mengenal lelah dalam menempuh perjalanan panjang tersebut dari bulan April 2018 – September 2018 untuk melakukan survei Bandara Awards 2018.

Sekjen Kementerian Perhubungan Djoko Sasono dan
Plt Dirjen Perhubungan Udara M. Pramintohadi Sukarno

Menurut Wita, Bandara Awards pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009. Saat itu jumlah yang disurvei sebanyak 26 bandara. Setiap tahunnya bandara yang disurvei semakin bertambah. Tahun 2018 ini jumlah bandara yang ikut berpartisipasi dalam ajang Bandara Awards sebanyak 105 bandara.
Selain memberikan apresiasi kepada pengelola bandara, diselenggarakannya Bandara Awards juga bertujuan untuk menumbuhkan motivasi kepada seluruh pengelola jasa bandara di Tanah Air agar berlomba-lomba meningkatkan kualitas pelayanan dan pembaruan fasilitas, serta mengajak semua pihak terkait dengan kegiatan jasa kebandaraan untuk saling mendukung dan bekerjasama dalam meningkatkan kepuasan pelayanan pelanggan juga mengajak seluruh pengguna jasa bandara untuk ikut bersama-sama menjaga ketertiban dan kebersihan bandara.
Penilaian Bandara Awards 2018 yang didasarkan hasil survei itu kemudian didiskusikan oleh Dewan Juri yang berkompeten di bidangnya. Dewan Juri antara lain Herry Bakti S. Gumay, Ninok Leksono, Tengku Burhanuddin, Dudi Sudibyo, Olivia Zalianti, Esthy Reko Astuty, Erwin Nurdin, dan Otong Rukmana.
Di samping itu, tim Majalah Bandara juga sudah melakukan rapat koordinasi terkait penyelenggaraan Bandara Awards 2018 dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang diwakilkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono dan didampingi Plt Dirjen Perhubungan Udara M. Pramintohadi Sukarno pada hari Jumat, 19 Oktober 2018 di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta. “Secara keseluruhan bandara di Indonesia sudah lebih baik, semoga dengan adanya Bandara Awards dapat memicu semangat pengelola bandara dalam meningkatkan kualitas pelayanan bandara sehingga menjadi lebih baik lagi,” ungkap Sekjen Kementerian Perhubungan Djoko Sasono.
Pada Bandara Awards 2017, dari 106 bandara partisipasi yang berhasil meraih Best Airport of the Year adalah Bandara Internasional Soekarno – Hatta Terminal 3. Lalu, bandara manakah yang berhasil meraih predikat sebagai Best Airport of the Year dalam ajang penganugerahan Bandara Awards 2018 ini? Hasil rincinya akan dimuat dalam Majalah Bandara edisi Desember. B

Dewan Juri Bandara Awards antara lain : Dudi Sudibyo, Tengku Burhanuddin, Esthy Reko Astuty, Herry Bakti S Gumay (Ketua) & Otong Rukmana
Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *