HEROIK

Heroik menggambarkan sikap kepahlawanan. Heroik identik dengan tindakan gagah berani. Ada juga yang menyebutnya orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Jadi, terdapat tiga unsur yang membentuk suatu makna heroik yaitu berani, berkorban, dan benar.
Maka dari itu, mereka yang heroik bukanlah yang memilih mati konyol. Pengorbanan kaum heroik adalah demi kebenaran. Kaum heroik melakukan pengorbanan mulia jiwa-raga-harta bendanya demi sesuatu kebaikkan bagi dunia tanpa pamrih. Kaum heroik erat kaitannya dengan pengorbanan tanpa pamrih.
Tindakan heroik ini yang ditunjukkan oleh almarhum ANTHONIUS GUNAWAN AGUNG. Ia sedang bertugas di menara air traffic controller ( ATC ) ketika tiba-tiba gempa berkekuatan 7.7 skala Richter mengguncang Palu. Bandara Mutiara Al Jufri ikut tergoyang. Kepanikan melanda. Orang-orang saling berteriak. Agung menyadari adanya gempa itu, tetapi panggilan tugas membuatnya harus tetap memandu Batik Air untuk lepas landas. Saat itu pukul 17.55 Wita. Saat gempa terjadi, pesawat masih bergerak kencang di landasan terbang. Di bawah menara ATC teman-teman Agung berteriak ada gempa. Mereka berteriak meminta Agung agar turun dari menara. Ia mendengar teriakan itu tetapi tetap terus memandu pilot Batik Air. Tugas harus dituntaskannya. Memastikan roda pesawat Batik Air masuk dalam badan pesawat. “Safe flight Batik Air..Take care”, ucap Agung menutup komunikasinya dengan pilot Batik Air yang sudah posisi aman mengudara.
Bahkan ia sempat memberikan clearance untuk lepas landas tiga menit lebih cepat. Clearance yang ia berikan ternyata menyelamatkan 148 penumpang Batik Air ID6231 dan tujuh kru pesawat.
Setelah Batik Air ID6231 take-off, Agung langsung menyelamatkan diri. Ia lompat dari lantai empat tower. Aksinya tersebut membuatnya harus mengalami patah kaki. Ia pun dilarikan ke rumah sakit. Namun ia tidak tertolong. Ia gugur saat bertugas
Apa yang dilakukan Agung memberikan contoh petugas bertanggungjawab atas tugasnya. Agung memahami benar pentingnya ATC dalam dunia penerbangan.
Keberadaan ATC ini memang sangat dibutuhkan. Tugasnya adalah mencegah kecelakaan pesawat terbang baik dengan sesama pesawat terbang maupun dengan kendaraan lain saat pesawat berada di daratan. Tugasnya memang terlihat sederhana, mengatur traffic atau lalu lintas udara supaya lalu lintas pesawat menjadi teratur. Namun, jika ada belasan bahkan puluhan pesawat, tentu saja bukan hal yang enteng.
Pesan dari kisah heroik itu adalah selayaknya insan perhubungan memahami tugas-tugasnya. Kemudian mendahulukan kepentingan orang banyak daripada urusan pribadi. Apapun bidang tugasnya jika dikerjakan dengan tulus ikhlas, maka hasilnya akan lebih baik. Semoga kisah Agung menjadi inspirasi bagi insan perhubungan (*/B)

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *