New Yogyakarta International Airport : Ditargetkan Mulai Operasi April 2019

Bisakah Bandara Kulonprogo beroperasi pada tahun 2019? Pertanyaan besar bernada keraguan ini wajar diajukan mengingat bakal bandara baru terkesan terlihat adem-adem dari luar.
Namun dari pengamatan Majalah Bandara yang mendapat kesempatan emas melongok New Yogyakarta International Airport (NYIA) – nama dari Bandara Kulonprogo tersebut – dari dalam tampaknya tidak perlu ada keraguan itu. Majalah Bandara yang konon media pertama yang diberi kesempatan menyaksikan langsung up date bandara baru itu melihat optimisme menuju operasional tahun 2019. Kesibukan pekerjaan persiapan pembangunan infrastruktur dan proses pembebasan lahan yang dilakukan oleh tim Proyek Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (PPBIY) sudah mencapai 100%. Ratusan truk besar membawa material dan para pekerja hilir mudik.

Maket NYIA

Pembangunan bandara baru Kulonprogo sudah lama menjadi idaman dan impian warga Yogyakarta, terutama mengatasi lonjakan pergerakan pesawat dan penumpang yang sudah tidak memadai lagi di Bandara Adisutjipto.
Impian ini agaknya segera terwujud, dengan hampir rampung pekerjaan pembebasan lahan dan pekerjaan persiapan pembangunan infrastruktur, diharapkan pembangunan lanjutan sudah bisa dimulai.
“Diharapkan Bandara NYIA ini sudah bisa beroperasi secara bertahap mulai April 2019,” ujar satu pekerja yang terlibat dalam pembangunan bandara tersebut.
Dari data yang sudah dipublikasikan Bandara NYIA dibangun di atas lahan seluas 582,08 ha menelan biaya Rp 10,2 triliun terdiri Rp 4,1 triliun untuk pembebasan lahan dan Rp 6,1 triliun untuk pembangunan infrastruktur dan runway 3.250 meter x 65 meter. B

Area Bandara Baru NYIA
Tim Majalah Bandara meninjau Bandara Baru NYIA
Sekretaris PPBIY Didik Tjatur Prasetya bersama Gani Wijaya, Hendro Susanto, Falla Rohmeka, dan Arief Arfan
Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *