by

Movement 14 kali Per Hari : Tambolaka Dorong Ekonomi & Pariwisata Sumba

Pergerakan pesawat di Bandara Tambolaka, yang menjadi pintu gerbang utama ke wilayah Sumba Barat Daya, terutama ke Pulau Sumba, kini mencapai 14 kali pergerakan perhari dan pergerakan un schedule 20 kali per bulan baik dari TNI-AU dan pesawat carter yang membawa rombongan wisatawan asing. Tingginya movement itu menyusul meningkatnya pergerakan ekonomi di wilayah itu dan meningkatnya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Penumpang yang datang bisa mencapai kurang lebih 350 per hari. Penumpang berangkat kurang lebih 300 per hari.Kepala Bandara Tambolaka Yohanes R. Keraf mengatakan sejak dibangun teminal baru dan dilakukan perpanjangan landasan pacu, pergerakan pesawat melalui bandara itu meningkat signifikan. Kini tercatat tiga maskapai penerbangan yang melayani Tambolaka yakni Garuda Indonesia, NamAir dan Wings Air.

Yohanes R. Keraf bersama Ketua Komisi V DPR RI dan Rombongan

Garuda terbang dengan pesawat CRJ-1000 melayani rute Kupang-Tambolaka-Denpasar (pp) dua kali sehari. Sementara maskapai Nam Air menerbangi rute yang sama menggunakan pesawat Boeing 737-Seri 500 dua kali sehari. Wings Air, anak perusahaan Lion Air, terbangi rute Denpasar – Tambolaka – Denpasar satu kali sehari dan juga melayani rute Ende – Tambolaka – Kupang (pp) dua kali sehari menggunakan pesawat jenis ATR 72-600.
“Movement di Tambolaka lumayan padat yakni 14 kali perhari. Kehadiran Bandara Tambolaka ikut mendorong percepatan ekonomi dan perkembangan pariwisata Pulau Sumba. Kami berusaha melayani dengan penuh dedikasi dan tulus,” ujar Yohanes R.Keraf, yang sejak Juli lalu ditunjuk kembali memimpin Bandara Tambolaka.
Kabandara Yohanes menjelaskan guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penerbangan, Kemenhub pada tahun ini melakukan overlay di sebagian runway, yang akan dilanjutkan pekerjaan overlay pada tahun 2019. Runway Bandara Tambolaka berukuran 2.300 meter x 45 meter, sehingga bisa didarati pesawat Boeing 737 seri 900 dan sejenisnya.
Pulau Sumba di kenal memiliki obyek wisata menarik dan unik. Kunjungan Wisatawan baik domestik maupun asing, semakin meningkat seiring dikembangkannya Bandara Tambolaka. B

Yohanes R. Keraf bersama Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali Herson

Comment

BERITA TERKAIT