Sumbangsih Bandara Husein Sastranegara Untuk Parahiyangan

Bandara Husein Sastranegara menjadi landmark sekaligus gerbang bagi traveler dari dalam dan luar negeri, yang berkunjung ke Bandung dan kota-kota sekitarnya di Jawa Barat, untuk keperluan bisnis dan berwisata.
Dengan demikian, Bandara Husein Sastranegara menjadi bagian vital dan strategis bagi geliat Bandung dalam memacu perekonomian. “Melalui bandara ini, traveler silih berganti datang untuk berbisnis dan berwisata. Mereka membelanjakan uangnya di Bandung dan kota-kota sekitarnya. Devisa untuk negara menjadi semakin banyak dengan adanya lalu lintas wisatawan mancanegara,” ungkap Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman.
Dia mengutarakan Bandung tidak hanya dikenal sebagai sentra bisnis, tetapi juga sentra berbelanja. Bandung juga menawarkan begitu banyak obyek wisata eksotis, termasuk wisata kuliner. “Di Bandara Husein Sastranegara, kami menyodorkan informasi tentang berbagai kekayaan seni, budaya dan kuliner. Kami juga menampilkan atraksi seni khas Parahiyangan di sini,” tutur Andika Nuryaman.

EGM Bandara Husain Sastranegara Andika Nuryaman

Akses transportasi udara, informasi memadai, serta keramahtamahan yang disajikan kepada wisatawan itu, menyebabkan arus penumpang terus naik. Kenaikan itu berefek positif dalam penerbangan. Frekwensi penerbangan terus naik.
Dia mengutarakan movement penerbangan di bandara yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura II itu dalam sehari mencapai 90 kali, yang dari 78 penerbangan dalam negeri dan 12 penerbangan luar negeri.
Berdasarkan catatan, pergerakan penumpang di Bandara Husein Sastranegara pada Semester 1 tahun 2018 meningkat 17,8% dari Semester 1 tahun 2017.
Meningkatnya frekwensi pesawat dan kuantitas traveler yang berkunjung ke Bandung menggunakan transportasi udara berdampak positif pada pendapatan bandara. Menurut Andika, pendapatan bandara yang memiliki panjang landasan pacu 2.220 meter x 45 meter itu di bulan Juni sudah berada di atas target. ”Secara aero, pendapatan bandara sudah untung. Belum lagi smart airport menjadi teknologi teranyar kami” ujarnya. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *