Proyeksi Besar Kemenhub di Sumut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan Kementerian Perhubungan mempunyai proyeksi besar untuk wilayah Sumatera Utara. Sebagai benteng ekonomi Selat Malaka, maka infrastruktur Sumut harus dikembangkan. Ini adalah bagian dari membangun infrastruktur transportasi yang Indonesia sentris.
Proyeksi besar dimaksud antara lain beberapa bandara dan pelabuhan akan ditingkatkan kapasitasnya oleh Kemenhub. Misalnya Kemenhub akan meningkatkan kapasitas Bandara Kualanamu hingga 17 juta penumpang/tahun. Untuk kapasitas Bandara Silangit — sebagai pembuka konektivitas Danau Toba — akan dinaikkan menjadi 50.000 per tahun sekaligus perpanjangan runway dari 1.200 m x 30 m menjadi 1.700 m x 30 m.
“Pelabuhan dan jalur kereta juga akan kita kembangkan. Seperti Kuala Tanjung kita akan tingkatkan kapasitasnya menjadi 700.000 Teus/tahun,” kata Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Medan belum lama ini.
Proyeksi besar lainnya? Dikemukakan oleh Menhub, jalur kereta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung akan segera terealisasi sebagai pembuka akses ekonomi dan mobilitas. Kemudian kereta api layang Medan-Bandar Khalipah akses mobilitas dan mengurai kepadatan. Begitupun jalur KA Binjai-Besitang sebagai salah satu akses mobilitas ekonomi menuju Aceh Sepanjang 78,4 km. Selain dari itu ada beberapa pelabuhan di Danau Toba yang akan segera terealisasi yaitu Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajibata, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ambarita dan Pelabuhan Simanindo. (*/B)

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *