Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang : Siap Menyambut Asian Games 2018

Pesta olahraga bertaraf internasional, yakni Asian Games 2018 sudah di depan mata. Tepat, 18 Agustus 2018, Pesta Olahraga Asia ke-18 ini resmi dibuka dan diselenggarakan di dua kota besar Indonesia, yaitu di Jakarta dan Palembang. Mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, tentu membuat dua kota tersebut terus berbenah dan mempercantik diri, baik dari tata kota hingga moda transportasi massal guna menyambut para atlet yang akan bertanding juga oleh official. Begitu pun dengan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yang merupakan gerbang udara masuk ke Ibukota Provinsi Sumatera Selatan tersebut.

EGM Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Bayuh Iswantoro

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Bayuh Iswantoro didampingi Zulbrito selaku Manager Operasi mengemukakan, dalam menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang sudah siap 100%. “Bandara SMB II siap menyambut atlet dan official dan semua fasilitas penunjang Asian Games 2018 pun sudah bisa digunakan,” katanya.
Bayuh menjelaskan lebih lanjut, persiapan yang dilakukan oleh Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang di antaranya adalah re-layout terminal penumpang, dan menambah tiga fix bridge atau penghubung terminal dengan garbarata. “Kami melakukan re-layout untuk menyambut Asian Games 2018. Karena re-layout ini memanfaatkan ruang yang ada, misalnya menambah instalasi self check in, bag drop, koridor, toilet, dan penambahan ruang conveyor,” jelasnya.
Dengan adanya re-layout ini, menurut Bayuh terminal juga menjadi semakin bertambah luas. “Dengan re-layout, luas terminal bertambah 33%. Jadi, re-layout ini bisa dimanfaatkan dalam menunjang Asian Games,” ujarnya.
Selain menata ulang terminal, pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang juga meningkatkan fasilitas udara, seperti memperluas parking stand pesawat dari sepuluh kini dapat menampung 14 pesawat parkir, menambah garbarata dari lima menjadi delapan garbarata, overlay, runway, taxiway dan membangun skybridge guna menghubungkan terminal bandara SMB II ke stasiun LRT bandara.
“Kebetulan, acara Asian Games 2018 ini kan berdekatan dengan angkutan haji 2018. Jadi, kami meningkatkan fasilitas sisi udara juga untuk menunjang angkutan haji. Dengan melakukan overlay, maka bandara ini pun bisa di darati oleh pesawat Saudi Arabian yang melayani angkutan haji di Palembang,” ungkap Bayuh.
Di samping itu, untuk mendukung perhelatan akbar Asian Games ke-18 ini juga akan ditambah extra flight, baik penerbangan berjadwal maupun carter kepada maskapai nasional juga internasional. “Sebagian besar atlet akan mendarat di Jakarta lalu terbang ke Palembang, ada juga dari negara peserta Asian Games terbang langsung ke Palembang. Penerbangan internasional di Palembang dilayani oleh Scoot, Air Asia juga JetStar rute Palembang – Singapore dan Palembang – Kuala Lumpur. Rencananya, Korean Air juga akan membuka penerbangan langsung Korea – Palembang untuk membawa atlet dan officialnya. Juga banyak maskapai dari negara peserta yang akan melakukan direct flight ke Palembang selama Asian Games berlangsung. Oleh karena itu, pelayanan di bandara ini terus kami benahi juga tingkatkan, dan kami siap menyambut Asian Games 2018,” tutup Bayuh. B

Manager Operasi dan Service Zulbrito, Manager Teknik Indra, Manager Finance dan Resources Sundjaya
Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *