Upayakan Runway Tuntas 2018 : Penerbangan Jakarta – Binaka Gunung Sitoli Nias Terwujud

Keinginan masyarakat di Kepulauan Nias adanya penerbangan langsung dari Jakarta ke (Gunung Sitoli) / Nias tinggal selangkah lagi dan diharapkan terwujud pada tahun 2018 ini.
Kepala Bandar Udara Binaka Gunung Sitoli Darinto menjelaskan perpanjangan runway dari 1.850 m menjadi 2.000 meter kemudian ditambah lagi menjadi 2.250 meter telah / sudah dilakukan pekerjaannya.
“Sebenarnya proses perpanjangan landasan pacu dari 1.850 meter menjadi 2.250 meter sudah selesai dikerjakan. Kini menunggu declare pihak berwenang untuk bisa didarati pesawat jet sejenis Bombardier CRJ 100 dan Boeing 737 Seri 500,” ujar Kepala Bandar Udara Binaka Gunung Sitoli Darinto kepada Majalah Bandara di Bandara Binaka Nias, minggu kedua Mei lalu.
Sejak diperpanjang runway Bandar Udara Binaka Gunung Sitoli hingga kini bisa didarati pesawat sejenis ATR, perekonomian di Pulau Nias bergerak cepat dan semakin berkembang.
Kepulauan ini terdiri dari empat kabupaten dan satu kotamadya. Selain permintaan dari masyarakat Nias yang bepergian, pulau ini memiliki obyek wisata selancar kelas dunia di Nias Selatan yang ramai dikunjungi peselancar dari Eropa, Asia dan Australia. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *