Kabupaten Lembata Selenggarakan Festival Tiga Gunung

Pulau Lembata atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Pulau Lomblen, merupakan gugusan kepulauan di Kabupaten Flores Timur. Tepat tanggal 07 Maret 1999 adalah cikal bakal berdirinya Kabupaten Lembata dan terpisah dari Kabupaten Flores Timur. Dan tahun 1999 dikenal sebagai hari lahirnya Kabupaten Lembata.
Lembata, yang wilayahnya dikelilingi oleh lautan dan pegunungan memiliki keindahan alam yang eksotis dan potensi wisata yang tinggi. Yang menjadi daya tarik Lembata adalah pesona dari tiga gunung unik yang berada di daerah itu, yakni Gunung Ile Lewotolok, Ile Batutara dan Ile Werung. Sebelumnya, Lembata hanya dikenal dengan budaya menangkap ikan paus dengan menggunakan alat tradisional. Padahal di daerah tersebut memiliki gunung-gunung yang unik, salah satunya adalah Ile Batutara yang berhasil meraih penghargaan sebagai destinasi wisata gunung api terpopuler nomor dua pada tahun 2017 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia. Ile Batutara mengalami letusan setiap 20 menit sekali dan dapat disaksikan dari jarak dekat atau 50 meter.
Begitu juga dengan Gunung Ile Lewotolok yang tak kalah uniknya. Gunung ini memiliki kawah lapang di puncaknya dan di lereng gunung terdapat obyek wisata rumah adat. Sedangkan keunikan dari Ile Werung adalah memiliki panorama alam yang eksotis. Di gunung itu, para wisatawan juga bisa menemukan sarang burung walet. Selain itu, para wisatawan juga bisa masuk ke dalam gua atau terowongan dari dalam gunung yang menembus ke pantai.
Keindahan alam Lembata dan keunikan tiga gunung itu pun akan diabadikan dalam Festival Tiga Gunung (F3G) yang akan diselenggarakan pada tanggal 22-29 September 2018 dan ini adalah tahun pertama festival tersebut diselenggarakan. Serangkaian kegiatan bertema wisata budaya, alam, dan kuliner pun telah dirancang untuk memeriahkan acara tersebut. Seperti Pesta Kacang Ile Ape, Festival Payung Lembata, Festival Paralayang Internasional hingga Lomba Dayung Lawan Arus Laut. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *