Bandara Tambolaka : SDM Prioritas Utama

SDM atau Sumber Daya Manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting, karena SDM inilah yang menentukan perkembangan sebuah perusahaan dalam mencapai target. SDM merupakan aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya, karena SDM adalah simpul manajemen.
Begitu juga dengan bandara. Agar operasional dan pelayanan di bandara dapat berjalan dengan maksimal dan lancar, maka harus didukung oleh SDM yang berkompeten dalam bidang penerbangan karena terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara itu. Selain memiliki kompetensi, jumlah SDM yang ada juga sangat mempengaruhi pelayanan bandara.
Seperti di Bandara Tambolaka. SDM di bandara ini terbilang sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah penerbangan di bandara itu yang cukup ramai, sehingga membuat pelayanan di bandara itu pun tidak bisa berjalan dengan maksimal karena pekerjaan yang dikerjakan oleh setiap pegawainya menjadi ‘tumpang tindih’.
Kepala Bandara Tambolaka Poltak Gordon mengemukakan, sedikitnya jumlah SDM yang dimiliki oleh bandara yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, membuat setiap pegawai di bandara itu bisa merangkap dua hingga tiga pekerjaan sehingga membuat pekerjaan yang utama terbengkalai dan waktu kerja pun menjadi tidak efektif. “SDM yang ada saat ini sangat kurang. Pemerintah Pusat harus memperhatikan distribusi SDM dengan menambahnya dan harus memiliki kompetensi. Ada beberapa bandara yang jumlah SDM-nya melampaui batas, seharusnya SDM tersebut di distribusikan ke bandara yang kekurangan SDM,” katanya.
Menurut Poltak, pertumbuhan penumpang di Bandara Tambolaka setiap tahunnya mencapai 25% dan tantangan ke depan cukup berat, sehingga dibutuhkan SDM yang berkompeten dan bisa menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat. “SDM saat ini adalah prioritas utama saya dan SDM ini harus bisa menerima tantangan ke depan. Kalau SDM tidak menunjang, maka pelayanan di bandara ini tidak akan berjalan dengan maksimal. Karena SDM itu simpul manajemen. Jika SDM kurang, maka pekerjaan pun menjadi terhambat dan pelayanan menjadi tidak maksimal,” ungkapnya. B

Baca Juga : Bandara Tambolaka : Gandeng TNI AU Tingkatkan Keamanan

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *