Bandara Melonguane : Gelar Diklat Basic Aviation Security

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan bersama Bandara Melonguane yang bekerja sama dengan Akademi Tekhnik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) bidang penerbangan, yakni Diklat Basic Aviation Security pada tanggal 11 April 2018 – 04 Mei 2018 di Bandara Melonguane yang terletak di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.
Dengan diselenggarakannya diklat ini, tentu tidak hanya menciptakan SDM yang berkualitas saja pada bidang penerbangan, tapi dengan meningkatkan kualitas SDM juga turut membangun daerah. Karena esensi membangun daerah adalah membangun dan menyiapkan infrastruktur serta meningkatkan kualitas SDM.
Kepala Bandara Melonguane Fanani Zuhri mengemukakan, bahwa diklat tersebut diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari enam orang pegawai honorer Bandara Naha Tahuna, delapan orang pegawai honorer Bandara Melonguane dan enam orang pegawai honorer dari Bandara Miangas. “Dengan diselenggarakannya diklat ini tentu diharapkan dapat menghasilkan para Avsec yang berkompeten dalam menjaga keselamatan dan keamanan di bandara-bandara yang berada di kawasan terluar NKRI,” katanya.
Diklat yang diselenggarakan selama 24 hari itu tidak dikenakan biaya apapun dan selama 24 hari tersebut para peserta diklat diberikan materi pelajaran teori selama 58 jam dan 56 jam praktik. ”Pendidikan yang diberikan kepada peserta pelatihan ini adalah satu rangkaian yang berstandar internasional, materi yang diberikan tentunya akan diterapkan dalam dunia kerja. Meningkatnya kualitas SDM, itu artinya turut membangun daerah,” lanjut Fanani.

Talaud memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang perekonomian, salah satunya adalah melalui sektor pariwisata yang sangat sensitif terhadap isu keselamatan penerbangan. Oleh karena itu, melalui diklat ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penerbangan di Talaud guna mendukung sektor pariwisata daerah tersebut.
Diklat Basic Aviation dibuka langsung oleh Kepala BPSDM Djoko Sasono dengan prosesi penyematan tanda diklat kepada perwakilan peserta dan dihadiri langsung Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Petrus Tuangae. Dalam sambutannya, Petrus mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan atas kesempatan diklat bagi masyarakat di wilayah perbatasan. “Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan memberikan kesempatan kepada putra-putri di wilayah perbatasan Provinsi Sulawesi Utara,” tuturnya. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *