Bandara Mathilda Batlayeri : Segera Sediakan Avtur

Selain meningkatkan pelayanan di sisi darat, Humam juga berupaya untuk memaksimalkan pelayanan sisi udara dengan pengadaan avtur dan menambah frekuensi penerbangan serta maskapai yang terbang ke Saumlaki dan memperpanjang runway dari 1.850 meter x 30 meter menjadi 2.000 meter x 45 meter yang ditargetkan selesai bulan Desember ini.
“Untuk avtur, kami sudah berkoordinasi dengan Pertamina dan tanggapannya sangat bagus, sekarang pengadaan avtur di bandara ini sedang dalam proses. Dengan ketersediaan avtur dan landasan yang lebih panjang tentu menjadi daya tarik bagi maskapai yang ingin terbang ke Saumlaki. Sudah ada beberapa maskapai yang ingin mendaratkan pesawatnya di sini, namun karena belum tersedia avtur, jadi tertunda. Tentu kami berharap, tahun depan dengan adanya avtur dan runway yang sudah diperpanjang, frekuensi penerbangan di bandara ini bisa bertambah serta bisa membuka rute baru,” ungkap Humam.
Humam juga menjelaskan lebih lanjut, selain avtur, slot time penambahan frekuensi penerbangan Wings Air juga sudah keluar. Namun karena keterbatasan armada, penambahan frekuensi penerbangan pun menjadi tertunda. “Penumpang dari tahun 2016-2017 ini terus meningkat. Slot time penambahan frekuensi sudah dapat, karena armada yang dimiliki maskapai terbatas, jadi penambahan frekuensi pun menjadi tertunda. Garuda juga sudah mengajukan penambahan frekuensi, namun masih menunggu ketersediaan avtur,” jelasnya.
Saat ini penerbangan di Bandara Mathilda Batlayeri dilayani oleh Garuda Indonesia yang terbang satu kali setiap hari rute Ambon-Saumlaki PP, serta Wings Air yang terbang dua kali sehari pada hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Sedangkan hari Senin, Rabu dan Jumat hanya terbang satu kali rute Ambon – Saumlaki PP. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *