Bandara Karel Sadsuitubun : Fokus Penataan Terminal Penumpang

Resmi dikukuhkan sebagai UPBU Kelas II pada hari Rabu, 02 Mei 2018, membuat pengelola Bandara Karel Sadsuitubun terus berupaya meningkatkan pelayanan bandara yang terletak di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.
Kepala Bandara Karel Sadsuitubun Anwar Hamid mengemukakan, bahwa saat ia dan anggotanya sedang fokus terhadap penataan terminal agar calon penumpang pesawat menjadi lebih nyaman berada di bandara serta pengembangan apron, karena luas apron yang ada saat ini sudah tidak mampu lagi menampung pesawat yang round di bandara tersebut. “Kami terus melakukan pembenahan terminal, mulai dari kursi di ruang tunggu, pendingin ruangan, toilet, kebersihan serta keamanan dan keselamatan penerbangan hingga fisik bangunan terminal menjadi prioritas kami untuk meningkatkan pelayanan di bandara ini demi kenyamanan penumpang,” katanya.
Bandara Karel Sadsuitubun saat ini memiliki panjang landasan pacu sepanjang 2.350 meter x 45 meter dan akan diperpanjang menjadi 2.500 meter. “Rencananya di Tahun Anggaran 2019, landasan pacu akan diperpanjang agar dapat didarati oleh pesawat yang lebih besar lagi,” ujar Anwar.
Selain fokus terhadap penataan terminal penumpang, pengelola Bandara Karel Sadsuitubun juga berupaya untuk menambah maskapai yang melayani penerbangan di bandara kebanggaan masyarakat Maluku Tenggara dan Tual. Rencananya, maskapai Batik Air akan melayani penerbangan di bandara tersebut dengan rute Makassar – Langgur, namun rencana penerbangan tersebut tertunda karena terkendala pada fasilitas ground handling. “Untuk peralatan ground handling masih minim, sehingga perlu ditambahkan oleh pihak terkait dan sedang dalam proses,” tambah Kabandara.
Saat ini penerbangan di Bandara Karel Sadsuitubun dilayani oleh maskapai Wings Air dan Garuda Indonesia rute Ambon – Langgur PP setiap hari, serta maskapai Sriwijaya Air yang sebelumnya terbang seminggu tiga kali yakni hari Senin, Rabu dan Jum’at kini menjadi seminggu empat kali, yaitu hari Senin, Rabu, Jum’at, dan Sabtu. Tercatat, pergerakan penumpang di bandara ini pun dalam setahun mencapai 201.600. B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *