by

STTKD Yogyakarta Makin Berkembang, Kian Dikenal Dunia Penerbangan

-HOT NEWS-2,449 views

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta kini semakin berkembang dan lulusannya kian menyebar ke sejumlah perusahaan penerbangan. Tentu saja kinerja ribuan lulusan itu membuat STTKD kian dikenal.
Dalam sambutan kegiatan Dies Natalis kampus itu, Ketua STTKD Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, yang juga merupakan pendiri sekolah tinggi tersebut, mengemukakan STTKD yang didirikan tahun 1995 berkembang bagus, di mana dari tahun ke tahun terus meningkat jumlah mahasiswa maupun sarana dan prasarana pendukung pendidikan seperti penambahan ruang kuliah, ruang praktek, dan lainnya.
”Jumlah lulusan kami sudah ribuan. Mereka tersebar di berbagai perusahaan penerbangan, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri,” katanya. Wajar jika nama STTKD dikenal oleh sejumlah perusahaan penerbangan.
Dalam hal jumlah mahasiswa baru, sebagai mana tertulis di company profile yang diterima Majalah Bandara, tahun 2017 tercatat 1.185 mahasiswa. Bandingkan dengan setahun sebelumnya yang tercatat 780 mahasiswa, bahkan 2013 masih 215 mahasiswa. Lonjakan yang terhitung cepat sekaligus menunjukkan lulusan SLTA berminat masuk STTKD. Alasannya sederhana: mudah memperoleh pekerjaan setelah lulus.
Udin Kurniadi mengatakan bahwa saat ini dunia penerbangan masih kekurangan sumber daya manusia. Padahal permintaan terhadap tenaga kerja sangat besar. STTKD berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan SDM tersebut dengan kualitas yang terjamin.
Demi kualitas dimaksud maka fasilitas di STTKD terus dikembangkan. Misalnya, di kampus terdapat pesawat Boeing 737-200 dan Cessna 150. Juga dilengkapi dengan Display Airbus Simulator dan Cessna Simulator serta fasilitas workshop yang canggih. Ruang kelas juga memadai. Saat ini terdapat 30 unit ruang kelas dan satu tempat kuliah umum berkapasitas 1.000 orang. Perpustakaan juga lengkap, laboratorium, Amto dan pesawat untuk run up yang tidak dimiliki oleh sekolah penerbangan lain.
Kelengkapan fasilitas itu memungkinkan STTKD mencetak lulusan berkualitas dari enam program studi di kampus tersebut. Rinciannya dua program studi untuk jenjang sarjana yaitu Teknik Dirgantara dan Manajemen Transportasi Udara. Kemudian empat prodi untuk jenjang diploma, yaitu Aeronautika, Manajemen Transportasi, Pramugari-Pramugara dan Ground Handling. B

Comment

BERITA TERKAIT