by

Bandara SMB II : Selama Asian Games Penumpang Diprediksi Naik 10%

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Bayuh Iswantoro mengemukakan saat pelaksanaan Asian Games nanti sudah barang tentu jumlah penumpang akan bertambah. Prediksi dari manajemen Bandara SMB II, kenaikan penumpang berkisar 10 persen.
Menurut Bayuh, penambahan penumpang akan terjadi pada (H-10) saat awal Asian Games dan H+15 dari akhir pesta olahraga tersebut. Merujuk pada data tahun 2017, jumlah penumpang yang datang dan pergi, maupun transit di bandara tersebut mencapai 4.660.872 orang. Jika dihitung rata-ratanya sekitar 12.770 penumpang per hari. Jadi saat Asian Games bisa mencapai kurang lebih 14.000 penumpang.
“Kami harus menjaga agar penumpang sebanyak itu tetap terlayani dengan baik. Mereka merasa nyaman dan aman,” kata Bayuh menjelaskan. Artinya, pembenahan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, pada perhelatan nanti para atlet, official, penonton hingga insan media akan mendatangi Palembang melalui Bandara SMB II. Mau tak mau perlu relayout terminal penumpang. Saat dirancang dan dibangun, kapasitas terminal Bandara SMB II mampu menampung 3,2 juta penumpang pertahun. Saat Asian Games berlangsung diharapkan dengan program pekerjaan relayout dapat menampung Penumpang lebih Optimal. Lalu kursi- kursi diperbaiki dan penambahan check-in counter dari 34 menjadi 46 serta passenger garbarata diperbanyak menjadi delapan  yang sebelumnya hanya lima.
Pelaksanaan Asian Games itu akan menambah total jumlah penumpang selama tahun 2018. Diperkirakan total penumpangnya akan bertambah jika dibandingkan tahun 2017 sehingga terjadilah kenaikan penumpang dari tahun ke tahun. Bilamana melihat grafik perkembangan penumpang maka sejak tahun 2011 terus terjadi kenaikan penumpang. Tahun 2017, misalnya, naik 21 persen dibandingkan 2016. Pergerakan pesawatnya naik 18 persen di mana pada tahun 2017 tercatat 38.394 pesawat per tahun. B

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT