by

Bandara Kasiguncu : Gelar Simulasi Kesiapan Cegah MERS-CoV

Bandara Kasiguncu bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan Poso melakukan simulasi respon kesiapsiagaan dalam menghadapi bahaya virus MERS-CoV.
     “Bandara Kasiguncu, Poso,  dipilih oleh Kementerian Kesehatan melalui Kantor  Kesehatan Pelabuhan  Poso. Ini sebagai kehormatan bagi kami, bersama instansi terkait dalam mengatasi ancaman virus tersebut,” kata Kabandara Kasiguncu Sutrisno kepada Majalah Bandara disela-sela latihan di Bandara Kasiguncu belum lama ini.
Hingga saat ini, tercatat beberapa negara Asia telah menyiapkan diri menghadapi dampak penyebaran virus MERS. Hal itu dilakukan karena potensi wabah dapat terjadi kapan saja. Tercatat, risiko terbesar masuknya virus MERS terjadi di tempat pintu masuk negara, seperti bandara. Risiko penyebaran virus dari tempat itu cenderung meningkat dari waktu ke waktu.
Kementerian Kesehatan pun menyadari hal tersebut. Sebagai salah satu gerbang utama masuknya virus, bandara memang tempat penting yang harus dilindungi.
Atas dasar itu, kegiatan simulasi kesiapsiagaan dan penatalaksanaan MERS CoV diselenggarakan Kementerian Kesehatan di Bandara Kasiguncu dan sejumlah bandara lain di Tanah Air.
MERS-CoV adalah Middle East Respiantory  Syndrome yang disebabkan oleh virus Corona. Virus ini  menyerang sistem pernafasan dengan gejala awal meliputi demam, bersin dan sesak nafas yang akhirnya berujung pada kematian akibat beberapa komplikasi. (*/B)

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT