by

LAPORAN KETUA DEWAN JURI BANDARA AWARDS 2017

Bandara Awards adalah penghargaan kepada para pengelola bandara di Indonesia yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna bandara khususnya kepada penumpang pesawat ketika di bandara. Acara yang digelar setiap tahun ini bertujuan untuk mendorong para pengelola bandara semakin meningkatkan pelayanan jasa bandara, menjadi semakin baik dan kompetitif, menuju standar pelayanan bertaraf kelas dunia sehingga mampu meningkatkan citra penerbangan nasional dan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata indonesia. Dalam jangka  panjang, ajang ini diharapkan mampu membangun secara perlahan budaya layanan prima dalam penyelenggaraan jasa bandara di Indonesia.
Penyelenggaraan Bandara Awards 2017 adalah  tahun ke-9 sejak diselenggarakan tahun 2009 oleh Majalah Bandara dan didukung oleh 3 kementrian terkait, yaitu Kementrian BUMN, Kementrian Pariwisata, dan Kementrian Perhubungan. Kegiatan utama Bandara Awards meliputi penilaian kualitas pelayanan bandara melalui survei penumpang pesawat di bandara, visitasi, panel review dan penetapan pemenang oleh Dewan Juri, dan pemberian penghargaan.
Penyelenggaraan Bandara Awards selalu terus ditingkatkan dari tahun ke tahun baik dari sisi jumlah peserta maupun dari sisi kualitas penyelenggaraan. Jumlah peserta tahun ini meningkat dari 83 menjadi 104 bandara (106 Terminal) yang terdiri dari 13 bandara PT. Angkasa Pura I (Persero), 13 bandara PT. Angkasa Pura II (Persero), dan 78 bandara UPBU (Unit Penyelenggara Bandar Udara) Kelas I, II, III Kementerian Perhubungan dan Bandara Perintis. Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dinilai terpisah untuk masing-masing terminalnya, yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 karena mempertimbangkan jumlah pergerakan penumpang yang besar. Dari sisi penilaian, Dewan Juri terus meningkatkan metode dan akurasi penilaian mulai dari perencanaan, pelaksanaan survei, analisis data, visitasi, panel review, dan penentuan pemenang. Konsisten dengan tahun sebelumnya, terdapat 2 jenis predikat penghargaan yang diberikan kepada para pemenang, yaitu predikat penghargaan Bandara Terbaik (Best Airport) untuk 6 kategori pengelola (termasuk tahun ini ditambah 1 kategori Bandara Perintis), dan predikat penghargaan tertinggi Bandara Terbaik Indonesia Tahun 2017 (Indonesia’s Best Airport of The Year) berdasarkan urutan peringkat (Ranking) dari semua bandara yang dinilai. Penghargaan ini dimaksudkan untuk semakin mendorong kompetisi peningkatan yang merata dan terpadu di seluruh lingkungan pengelola bandara.
Kriteria utama penilaian terdiri dari 2 (dua) hal, yaitu KUALITAS dan PENINGKATAN 20 aspek pelayanan di terminal penumpang meliputi akses dan informasi, pelayanan keberangkatan dan kedatangan, kenyamanan terminal, fasilitas dan kemudahan. Untuk dapat meraih penghargaan bandara terbaik, bandara tidak cukup hanya memberikan pelayanan yang SANGAT BAIK saja, tetapi juga harus dirasakan MENINGKAT oleh penumpang dari tahun sebelumnya.
Penilaian dilakukan melalui survey kepuasan penumpang pesawat ketika di bandara. Sebelumnya, studi awal dan panel dewan juri dilakukan untuk menentukan kriteria penilaian yang benar dan selaras dengan standar nasional dan internasional serta rencana sampling sesuai kaidah akademik yang sahih. Alat yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada para penumpang di ruang tunggu keberangkatan disertai dengan wawancara oleh tim survei independen dari Majalah Bandara yang terbebas dari segala bentuk keterlibatan dengan pihak pengelola bandara. Pengumpulan, pengolahan, dan analisis data dilakukan dengan mengacu pada kaidah ilmiah yang baik untuk menjamin kebenaran hasil.  
Ukuran penilaian yang digunakan sebagai dasar penentuan peraih penghargaan terdiri dari Indeks Kualitas Bandara (IKB), Indeks Peningkatan Bandara (IPB), dan Skor Kompetitif Bandara.(SKB). Indeks Kualitas Bandara (IKB) adalah ukuran persepsi penumpang terhadap kualitas 20 aspek pelayanan di terminal penumpang, tingkat kepuasan secara umum, dan tingkat rekomendasi penumpang (Net Promoting Score). Indeks Peningkatan Bandara (IPB) adalah ukuran persepsi penumpang terhadap peningkatan kualitas pelayanan terminal penumpang terhadap peningkatan seluruh bandara yang disurvei dalam setahun terakhir. Kemudian IKB dan IPB dipadukan secara berbobot menjadi Skor Kompetitif Bandara (SKB) yang menjadi dasar dalam menentukan pemenang. B

Comment

BERITA TERKAIT