Fia : Musik Bagaikan Udara

Nama Fitria Anggraeni atau yang lebih dikenal dengan nama Fia di dunia industri musik Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi. Perempuan cantik kelahiran 33 tahun silam ini sudah malang melintang di panggung musik Indonesia sejak tahun 2008.
Fia, selain vocalist, ibu satu orang anak ini juga seorang guitarist, music producer & music arranger. Sudah banyak karya musik yang ia ciptakan tidak saja untuk dirinya dan pecinta musik Fia, tetapi juga untuk beberapa musisi ternama seperti Anji dan Drive. Salah satu lagu karya cipta Fia yang terkenal adalah Resah Tanpamu yang dibawakan secara duet oleh Anji dan Titi Kamal pada tahun 2009 dan ia ciptakan berdua dengan Anji.
“Pada tahun 2012, saya menciptakan lagu bersama tERe untuk Audrey berjudul Tiada Maaf dan lagu ini ada di album GAC. Di tahun 2013 bersama tERe, saya juga menciptakan lagu untuk Astrid berjudul Addicted,” ujar anak ketiga dari tiga bersaudara usai acara Malam Penganugerahan Bandara Awards 2017 pada tanggal 14 November lalu di Hotel Borobudur, Jakarata.
Selain solois, Fia juga sempat beberapa kali terlibat dalam project music, seperti Pop The Disco, Thinkerbelle dengan lagu single berjudul Nol Besar, Immortal Legend, dan Five Girl Acoustical Jam (Album Gerakan 1000 Gitar untuk Anak Indonesia, Rolling Stone). Serta aktif dalam komunitas musisi perempuan Sisterhoodgigs Movement.
Bagi Fia, musik adalah hidupnya, seperti udara yang setiap hari ia hirup, menghidupkan hidup. “Karena musik adalah passion terbesar dalam hidup saya, terutama dalam menciptakan lagu, bernyanyi dan bermain gitar. Namun saya menyadari dalam musik itu perlu mengetahui secara dalam juga tentang bisnis dan hukumnya, jadi pada saat kuliah jurusan hukum dulu saya mengambil spesialisasi hukum bisnis dan saat skripsi saya memilih tema skripsi tentang Royalti Pencipta Lagu. Dan saya juga pernah bekerja di salah satu Law Firm bidang Hak Kekayaan Intelektual, lalu menjadi Legal Drafter di salah satu kantor Notaris. Jadi saya mempunyai modal dalam membuat dan memahami kontrak atau perjanjian kerjasama di bidang musik dan perjanjian lainnya,” jelas Fia.
Fia kini tengah sibuk mempromosikan karya musik terbarunya yang berjudul Menjemput Pagi. Lagu ini dibawakan secara duet bersama musisi ternama Duta Pamungkas. “Sekarang sedang sibuk rekaman album ke-2 yang akan rilis Februari 2018. Saya bisa sampai di titik ini karena keluarga dan suami saya yang juga partner bermusik sejak tahun 2008 sangat mendukung karir bermusik saya. Dulu waktu duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, saya diajarkan gitar akustik oleh almarhum Ayah, lalu saat kuliah mulai manggung, Ayah dan Ibu saya selalu mendampingi dan menonton pertunjukkan saya,” tutupnya.  B

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *