by

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip : Bandara Penggerak Perekonomian Daerah

Kabupaten Kepulauan Talaud adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Utara. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Sangihe Talaud. Melonguane adalah Ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud. Kabupaten ini merupakan kabupaten yang paling utara di timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina.
Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip dalam sambutannya pada acara Malam Penganugerahan Bandara Awards 2017 mengemukakan, bahwa Talaud memiliki potensi pariwisata bahari yang tinggi, karena sebagian besar daerahnya dikelilingi oleh laut. “Talaud juga terkenal dengan pariwisata baharinya. Salah satunya adalah Pulau Sara yang merupakan pulau kecil dan kami biarkan kosong tak berpenghuni, karena atmosfer pulau terasa berbeda kalau tanpa penghuni. Namun demikian, di pulau ini juga telah dibangun beberapa cottage dan prasarana air bersih. Palau Sara memiliki pasir putih yang bersih dan hamparan birunya laut tentu menjadikan pulau ini semakin eksotis,” katanya.
Dengan hadirnya dua bandara di Kabupaten Kepulauan Talaud, yakni Bandara Melonguane dan Bandara Miangas yang baru dioperasikan ini tentu membantu dan memudahkan akses menuju Talaud. “Dengan adanya bandara, berbagai kegiatan masyarakat, Pemerintah dan wisatawan pun berjalan dengan baik dan kota-kota besar lainnya di Indonesia pun semakin mudah kami jangkau dengan transportasi udara,” lanjut Bupati.
Jika sebelumnya Indonesia terkenal dari Sabang sampai Merauke, namun kini juga terkenal dengan Miangas hingga Rote. Meskipun penerbangan di Bandara Miangas baru diterbangi satu maskapai yaitu Wings Air yang terbang seminggu sekali, namun menurut Sri Wahyumi Manalip, kehadirannya sangat dinantikan oleh masyarakat Miangas. “Kami berharap penerbangan di Miangas frekuensinya bisa terus bertambah. Adanya bandara ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Dengan transportasi udara, ikan hasil tangkapan nelayan pun segera sampai di pembeli tanpa harus menunggu lama dalam perjalanan dengan kapal perintis dan perekonomian daerah pun menjadi lebih hidup dan semakin meningkat. Bandara adalah penggerak perekonomian daerah,” ungkapnya.
Talaud kini  tak lagi tertinggal. Berbagai sarana dan prasarana yang menunjang kebutuhan public kini telah tersedia. Pembangunan infrastruktur yang merata dan nyata, menjadikan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud, khususnya masyarakat Miangas menjadi bangga sebagai Indonesia. B

Comment

BERITA TERKAIT