by

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris : Bandara Adalah Cermin Suatu Daerah

Kabupaten Kepulauan Anambas adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang berada di perairan laut China Selatan. Sejarah kabupaten ini tidak terlepas dari sejarah Kabupaten Kepulauan Riau yang sekarang menjadi Kabupaten Bintan. Sedangkan Kabupaten Kepulaun Riau dimekarkan menjadi enam kabupaten, yaitu Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Tarempa adalah Ibukota dari Kabupaten Kepulauan Anambas.
Sektor pariwisata bahari di Anambas kini mulai berkembang. Sedikitnya ada tiga pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara, yaitu Pulau Bawah, Pulau Penjalin dan Pulau Ayah. Pulau Bawah adalah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan alam di Pulau Bawah bisa dikatakan sebagai hidden gem atau banyak yang mengatakan bahwa Pulau Bawah adalah Maldives of Indonesia.
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris dalam sambutannya pada acara Bandara Awards 2017 menyampaikan, bahwa dengan adanya Bandara Awards adalah suatu motivasi, baik untuk para pengelola bandara, juga untuk pemerintah. Salah satunya adalah motivasi untuk Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan daerah kepulauan yang jaraknya dengan Ibukota Provinsi sangat jauh. “Menggunakan kapal cepat Fery saja ke Tanjung Pinang mencapai delapan jam perjalanan, sedangkan dengan kapal Pelni mencapai hingga belasan jam. Belum lagi jika ditambah dengan cuaca buruk, ombak bisa mencapai tiga hingga enam meter akan menambah waktu tempuh perjalanan menjadi lebih panjang,” katanya.
Hadirnya Bandara Letung di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, menurut Abdul Haris sangat dinantikan oleh masyarakat Anambas. “Dengan adanya bandara merupakan suatu konektifitas yang dibutuhkan oleh masyarakat, Pemda dan khususnya untuk wisatawan. Tidak hanya itu saja. Bandara juga sangat dibutuhkan oleh kabupaten dan kota-kota lain yang berada di daerah kepulauan,” lanjut Bupati.
Abdul Haris juga berharap dengan adanya Bandara Awards dapat memotivasi bandara seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas agar para pengguna jasa bandara merasa nyaman, karena bandara adalah cermin dan gerbang utama suatu daerah. “Saya mendukung Bandara Awards ini terus ada sepanjang masa. Mudah-mudahan dengan Bandara Awards, daerah-daerah yang kota atau kabupatennya terdapat bandara juga dapat termotivasi,” tutup Bupati dalam sambutannya. B

Comment

BERITA TERKAIT