by

Menjelajah Pulau Sabu : Objek Wisata Alam Nan Eksotis

-DESTINASI-1,696 views

Susunan batu alam dengan warna merah dan orange terlihat amat cantik. Batu-batu tersebut tidak saja tersusun rapi, tetapi juga bentuknya menyerupai seperti bongkahan kawah. Itulah sekelumit objek wisata alam Kelabbha Maja yang memikat di Pulau Sabu.
Lokasi wisata alam ini berada tidak jauh dari Bandara Tardamu. Kurang lebih satu jam perjalanan, kita  sudah sampai ke lokasi. Namun, karena infrastruktur jalan yang kurang baik dan berkelok, sehingga membuat perjalanan akan terasa lama.
Lokasi wisata alam ini berada di atas bukit, di mana kita juga dapat menikmati pemandangan eksotis Pulau Sabu dan deburan ombak pantai selatan.
Pulau Sabu adalah salah satu pulau yang berada di Indonesia bagian timur yang merupakan daerah terluar, tepatnya berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini juga merupakan kabupaten pemekaran yakni Kabupaten Sabu Raijua. Mengunjungi Pulau Sabu kurang lengkap rasanya jika tidak mengeksplore wisata di pulau tersebut.
Di Pulau Sabu terdapat sebuah istana peninggalan Kerajaan Sabu yang bernama Istana Teni Hawu. Artinya adalah tempat berkumpul orang Sabu. Istana tersebut dibangun tahun 1875 silam oleh raja Sabu ke IX-XI.
Istana Teni Hawu hingga kini masih berdiri kokoh dan belum ada satu bagian pun yang rapuh. Dinding istana tersebut terbuat dari tuak, tali putri, dan kulit kerbau. Istana ini ramai dikunjungi oleh wisatawan juga peneliti yang melakukan riset tentang kerajaan Sabu.
Kepala Bandara Tardamu Sabu, M. Arwin, yang menemani awak Majalah Bandara menjelajahi Pulau Sabu mengemukakan bahwa Pulau Sabu memiliki banyak destinasi wisata yang belum banyak diketahui oleh wisatawan.
“Banyak sekali tempat wisata di Pulau Sabu yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah Istana Teni Hawu sebagai situs budaya yang harus dilestarikan,” katanya.
Keseruan menjelajah Pulau Sabu tidak hanya itu saja. Turun sebentar dari kawasan wisata alam Kelabbha Maja, para wisatawan akan disuguhkan keindahan Pantai Raerobo yang merupakan bagian dari pantai selatan.
Ombaknya yang cantik, tentu memberikan tantangan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai olahraga surfing. “Ombak di sini sangat bagus untuk melakukan surfing. Pantai di Pulau Sabu ini bisa dikatakan sebagai Hawai kedua. Hanya saja belum terekspos,” ujar Arwin.
Perjalanan menjelajah Pulau Sabu akan terbayar dengan keindahan dan keeksotisan pulau tersebut. Saat menuju lokasi wisata alam Kelabbha Maja, kita akan melewati puncak tertinggi Pulai Sabu, yakni Puncak Teriwu. Dari Puncak Teriwu ini seluruh permukaan Sabu, dari laut hingga pemukiman dapat dilihat.
Semua rasa lelah akan hilang dengan keindahan alam Sabu yang tidak ada duanya. Saat berdiri di Puncak Teriwu, kita akan merasakan betapa dekatnya dengan alam. “Kalau pariwisata di Pulau Sabu mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan, tentu akan memberikan dampat positif terhadap bandara. Penumpang semakin banyak, bandara pun semakin ramai,” tutup Arwin yang turut berkontribusi mengembangkan pariwisata di Pulau Sabu. I

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT