by

Pagelaran Seni Minangkabau di TMII : Bangun Ekonomi Kerakyatan

-DESTINASI-857 views

Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok adakan  pagelaran seni asal Minangkabau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) guna mengobati rasa rindu masyarakat Kabupaten Solok yang ada di Jakarta dan sekitarnya.
Bupati Solok H Gusmal Dt Rajo Lelo mengemukakan bahwa kecintaan terhadap tanah kelahiran memang tidak bisa dielakan meski jauh berada di tanah rantau. “Untuk itulah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok menggelar pergelaran pentas seni asal Minangkabau, “katanya.
Bupati mengatakan potensi perantau yang ada di luar Kabupaten Solok sangat besar untuk mengembangkan budaya Kabupaten Solok. “Kegiatan yang dilakukan di anjungan Sumatra Barat ini sekaligus untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan Kabupaten Solok dibidang Pariwisata dan Kebudayaan, “katanya.
Dengan menggelar pentas seni budaya di Taman Mini Indonesia Indah, katanya,  diharapkan mampu mengenalkan budaya Minangkabau, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang berbudaya. “Seni budaya Kabupaten Solok harus selalu bersinergi dan mendapat dukungan dari para perantau,” kata H Gusmal.
Dia mengatakan bahwa Kabupaten Solok siap untuk membangkitkan kembali seni budaya Sumatera Barat. “Penampilan khas nagari akan kita bangkitkan lagi, sehingga yang berada di TMII seperti berada di kampung halaman,” kata H Gusmal.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Solok, Yandra Prasat juga mengatakan atas usulan dari sejumlah warga Kabupaten Solok yang berada di tanah rantau, pihaknya akan menggelar acara serupa setiap tahun.
“Kami berencana menggelar kegiatan serupa setiap tahun, sehingga warga Kabupaten Solok yang ada di rantau bisa menikmati pertunjukan seni dan sama-sama mengembangkan seni dan budaya Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Solok,” kata Yandra Prasat. B

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT