by

Survei Bandara Awards 2017 : Menyelusuri Sumatera, Menembus Saumlaki

Tim survei Bandara Awards 2017 mulai bergerak ke sejumlah bandara. Sedikitnya 100 bandara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke akan disurvei untuk bahan penilaian juri Bandara Awards.
Pada awal April ini satu tim bergerak ke wilayah Sumatera bagian utara. Untuk memudahkan operasional, ada anggota tim yang berkendara mobil menyelusuri Trans Sumatera. Anggota tim lain terbang memanfaatkan maskapai regular karena harus cepat sampai ke bandara yang akan disurvei.
“Kami sangat dibantu oleh manajemen bandara yang kami survei. Mereka welcome,” kata Joni yang kali ini melakukan survei di antaranya ke Bandara Hang Nadim Batam. Joni dibantu dua orang staf demi kelancaran survei. Begitupun di bandara lain, bantuan mengalir semata-mata agar survei berjalan sukses.
Bantuan tersebut terasa meringankan tugas yang sejatinya berat. Misalnya, untuk menuju Sabang harus menggunakan kapal cepat menyeberangi lautan. Namun kelelahan di perjalanan terbayar oleh kebaikan pihak bandara.
Tim lain, yang bergerak ke kawasan Maluku, juga merasakan bantuan tersebut. “Kami bisa melakukan survei dengan nyaman karena dibantu Kabandara,” kata Rizky yang bergabung dengan Tim Sulawesi dan Maluku. Tim ini harus menembus hingga Bandara Saumlaki.
Saumlaki adalah sebuah kota kecil yang terletak di selatan Kepulauan Maluku. Kota ini adalah ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Letak Saumlaki tepatnya berada di Pulau Yamdena yang merupakan bagian dari Kepulauan Tanimbar Kab. Maluku Tenggara Barat. Jika dilihat di peta, Saumlaki ini berada di tengah-tengah Ambon dan Darwin ( Australia ). Meski jauh, tetap harus disurvei demi memperoleh data akurat.
Survei masih panjang, berbagai tantangan harus diatasi, dan kesulitan apapun tetap dilewati. B

Comment

BERITA TERKAIT