by

PRSU ke 46 Resmi Dibuka : Tiap Daerah Akan Punya Pavilion

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), untuk kedepannya, akan membuka Pavilion tiap-tiap daerah sepanjang tahun guna memberikan kesempatan kepada daerah untuk menampilkan potensi dan ciri khas masing-masing daerah.
Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, mengemukakan bahwa dengan semangat menjadikan PRSU sebagai miniatur Provinsi Sumut, maka Pavilion-Pavilion itu dibuka tidak cuma sekali dalam sebulan, tapi sepanjang hari dalam setahun.
“Jadi wisatawan lokal maupun internasional yang tidak sempat mengelilingi Provinsi Sumatera Utara bisa melihat ragam kebudayaan dan hasil daerah di PRSU,” kata Gubernur.
Pemprov Sumatera Utara, kata Erry, pada saat membuka PRSU ke-46 pada Jumat (17/3/2016), memberikan subsidi kepada 33 kabupaten/kota untuk membuka stan Pavilionnya sepanjang hari dalam setahun. “Pemprovsu sudah menyiapkan anggaran Rp25 juta per bulan per Pavilion kepada tiap-tiap Pemkab agar dapat membuka Pavilionnya sepanjang tahun. Jadi dengan begitu wisatawan bisa melihat produk-produk unggulan masing-masing daerah,” tuturnya.
Erry berharap PRSU kedepannya dapat mengenalkan Pemprovsu dan daerah-daerah di Sumut hingga tingkat internasional. “Kepada kabupaten/kota yang belum ada Pavilionnya saya harap segera membangun Pavilionnya agar niat kita menjadikan PRSU sebagai miniatur Sumut terealisasi, “kata Erry.
Sementara itu Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, mengaku bangga setelah mendapat giliran menjadi tuan rumah PRSU kali ini. “Humbahas masuk dalam 10 destinasi pariwisata nasional dan tempat lahir pahlawan nasional Sisingamangaraja. Dan untuk pertama kalinya, Kabupaten Humbahas memiliki Pavilion permanen. Kami berharap ada PRSU kali ini dapat mengenalkan kabupaten kami hingga macanegara,” harap Dosmar.
Hadir dalam pembukaan itu Walikota Medan, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Suamtera Utara (Wakapoldasu), Brigjen Pol Agus Andrianto. Anggota DPR RI, Ketua DPRD Sumut Perwakilan Delegasi Kerajaan Negeri Pulau Pinang, Malaysia, bupati dan walikota se Sumut.
Acara PRSU berlangsung meriah, dimulai sejak kedatangan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dan Wakil Gubernur Sumut Brigjen Pol Nur Azizah Marpaung. Mereka disambut Tarian Panomunomuan pelajar SMP dan SMA Kabupaten Humbahas. Kedatangan keduanya diiringi tari-tarian hingga sampai ke pentas. 
Gubernur Provinsi Sumatera Utara mengatakan bahwa event tahunan PRSU akhirnya masuk dalam kalender nasional Kementerian Pariwisata sebagai event wisata internasional. 
“Kita patut bersyukur memiliki arena PRSU. Sebagai event tingkat provinsi yang berkelanjutan, PRSU akhirnya masuk ke dalam kalender nasional Kementerian Pariwisata sebagai salah satu destinasi wisata Internasional setelah Pesta Danau Toba dan Ramadhan Fair,” kata T Erry. I

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT