by

Bandara Sebagai Pemersatu Bangsa

Keberadaan bandara di Indonesaia sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Selain sebagai moda transportasi udara, bandara ternyata sangat penting bagi pemersatu kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.
Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma’ruf Cahyono mengatakan keberadaan bandara di Indonesia sangat bersinergi dengan program Sosialisasi 4 (empat) Pilar yang dicanangkan MPR RI “.
“Bandara sangat berpengaruh untuk mobilitas kegiatan Sosialisasi 4 (Empat) Pilar MPR RI, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI” kata Ma’ruf Cahyono saat ditemui Majalah Bandara di kantornya.
Dia mengatakan secara umum bandara sebagai media transportasi udara, sehingga keberadaannya untuk menghubungkan wilayah di negara kepulauan seperti Indonesia sangat penting.
Menurut Ma’ruf Cahyono, Indonesia yang terdiri dari gugusan pulau sangat membutuhkan transportasi udara. “Dari Sabang sampai Merauke sangat membutuhkan moda transportasi udara yang dihubungkan dengan bandara, sehingga mempermudah menerapkan nilai rasa nasionalisme, dimensi strategi politik antar wilayah,” ujarnya.
Belum lagi, ujarnya, investasi di sejumlah daerah terpencil, sehingga keberadaannya mampu mendistribusikan berbagai macam kebutuhan pokok penunjang kawasan tersebut.
Dia juga mengatakan program tersebut sangat bersinergi dengan program pemerintah yang sedang membangkitkan sarana transportasi yang ada di sejumlah daerah di Indonesia.
Dia memberi contoh pembangunan di daerah yang memiliki bandara menjadi lebih berkembang karena akan mempermudah investor ke daerah tersebut. “Contoh kecil, persoalan tidak ada bandara di suatu daerah dapat menghambat perkembangan ekonomi. Tapi, jika ada bandara akan lebih mudah,” ujar lulusan Universitas Soedirman Purwokerto itu.
Namun, yang menjadi catatan pemerintah, katanya, perlu menciptakan efektivitas dengan biaya pesawat murah, terlebih di daerah perbatasan, sehingga transportasi di daerah tidak lagi mahal, dan dapat dimanfaatkan seluruh kalangan masyarakat. B

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT