by

Festival Pesona Tambora 2017 : Di Dompu Ada yang Berbeda

Dahulu, sekitar 202 tahun yang lalu, persisnya 10 April 1815, Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat meletus dahsyat. Dunia pun dikejutkan letusan yang lebih dahsyat dari amukan Gunung Krakatau tahun 1883. Sekarang, kedahsyatan letusan itu diperingati. Untuk memperingati meletusnya gunung tersebut, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menggelar festival bertajuk “Festival Pesona Tambora” pada 11-19 April 2017.
Festival ini sudah menjadi “Calender Event” setelah sukses di tahun 2016 dalam kemasan “Tambora Menyapa Dunia”. Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M. Zainul Majdi berharap event ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan wisatawan selama berkunjung ke Nusa Tenggara Barat. “Semoga kunjungan ke Nusa Tenggara Barat mendapat kesan positif untuk diceritakan kepada semua keluarga dan kerabat lainnya,” kata Gubernur Zainul Majdi.
Festival Pesona Tambora tahun ini dipusatkan di Kabupaten Dompu dan dipersiapkan ide-ide baru untuk memecahkan rekor baru dari event sebelumnya, seperti Festival Katente dan Ngondo Tembe. Tahun lalu target kunjungan dua juta wisatawan sudah tercapai, tahun ini empat juta orang dan Dompu ikut mensukseskan tercapainya target tersebut, salah satunya melalui Festival Pesona Tambora.
Lokasinya masih di Savana Gunung Tambora dan akan dilakukan dengan sesuatu hal yang berbeda dari yang terdahulu agar tetap dikenang dan dikenal orang. Di antaranya ada malam renungan dengan ustads ternama, event motor trail oleh KONI, kemah bhakti pramuka dilakukan oleh Kwarcab. Diakhir kegiatan akan dihadirkan Festival Katente dan Ngondo Tembe. B

Bagikan Berita

Comment

BERITA TERKAIT