by

Terminal Baru Bandara Blimbingsari : Akan Diresmikan Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian terminal baru Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur pada April 2017
Kepala Bandara Blimbingsari, Dodi Dharma Cahyadi, mengemukakan bahwa pengerjaan pembangunan terminal baru di Bandara Banyuwangi sudah memasuki tahap akhir, sehingga bisa diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2017.
Bandara yang dibangun dengan biaya APBD Provinsi Jatim dan Banyuwangi itu mengusung dengan arsitektur hijau dan mengakomodasi budaya lokal. “Konsep terminal baru itu nyaris tanpa AC, terminal dipastikan tetap sejuk dengan pengaturan sirkulasi udara, water treatment, dan beragam tanaman hingga ke atap terminal, “katanya.
Dia mengemukakan bahwa arsitektur bandara tersebut mengadopsi model atap rumah khas Suku Osing yaitu suku asli Banyuwangi. “Pemda setempat maupun pengelola bandara senantiasa merawat budaya masyarakat setempat yang selalu berombongan saat melepas kerabatnya bepergian. Untuk itulah kami menyediakan anjungan yang mengarah langsung ke landasan, “katanya.
Dodi mengemukakan bahwa ide membangun terminal baru itu bermula sekitar dua tahun lalu tanpa menunggu bantuan pemerintah pusat karena kenaikan penumpang yang drastis. “Peresmian terminal baru cukup mendesak karena terminal yang ada saat ini tidak mampu menampung luberan penumpang, “katanya.
Jumlah penumpang melalui Bandara Blimbingsari Banyuwangi melonjak hingga 1.308% dari hanya 7.826 penumpang (2011) menjadi 110.234 penumpang (2015). B

Comment

BERITA TERKAIT