by

Pemda Belitung : Fokus ke Bandara HAS Hanandjoeddin

-DESTINASI-302 views

Pemerintah daerah Kabupaten Belitung kini fokus untuk menjadikan Bandara H.A.S Hanandjoeddin sebagai bandara internasional guna mendukung perkembangan industri pariwisata di daerah tersebut.
Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, mengemukakan bahwa saat ini wisatawan yang datang masih didominasi oleh wisatawan domestik. “Yang datang masih dominan wisatawan domestik. Tapi nanti setelah penerbangan internasional di Bandara H.A.S Hanandjoeddin mulai beroperasi, wisatawan mancanegara yang datang akan seimbang dengan wisatawan domestik,” katanya.
Tempat pariwisata di Pulau Belitung yang terkenal salah satunya adalah Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Tinggi yang merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi serta Pulau Lengkuas. “Selain itu masih banyak lagi tempat pariwisata di Pulau Belitung yang mampu memikat hati para wisatawan dengan keindahannya, “katanya.
Menurut dia, booming-nya film Laskar Pelangi pada 2008 membuat keindahan Pulau Belitung menjadi terangkat dan terkenal. “Kami juga berterimakasih kepada Andrea Hirata yang merupakan penulis buku Laskar Pelangi yang telah membantu mengangkat Pulau Belitung dalam bukunya sehingga menjadi terkenal,” ujar Sahani.
Belitung, katanya, tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan pantainya saja. Tetapi Belitung juga terkenal sebagai penghasil tambang terbesar seperti timah dan kaolin.
“Belitung memiliki iklim tropis, sehingga menanam tumbuhan apa saja di sini akan hidup dan tumbuh subur. Selain itu, Belitung juga merupakan penghasil tambang terbesar seperti timah dan kaolin, bijih besi, tanah liat serta pasir,” kata Sahani kepada Tim Majalah Bandara seusai Simulasi Penangan CIQ Internasional di Bandara H.A.S Hanandjoeddin pada Rabu (25/1/2017)
Masyarakat Belitung memiliki toleransi yang tinggi, berbagai suku berada di sana sehingga Belitung dijadikan miniatur Bhineka Tunggal Ika. Selain itu, Pulau Belitung juga ditetapkan sebagai kawasan ecopark dan kemaritiman.
Kabupaten Belitung adalah salah satu daerah yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan luas seluruhnya 229.369 ha, ibu kotanya adalah Tanjung Pandan. Pulau Belitung memiliki keindahan alam dan pantai yang mempesona sehingga mampu memikat para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi tersebut. I

Bagikan Berita

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKAIT