by

Overlay Bandara Blimbingsari : Dijadwalkan Selesai April

Pemerintah Pusat sudah mengalokasikakan anggaran dalam APBN untuk melakukan overlay runway terhadap Bandara Udara Blimbingsari, Banyuwangi supaya bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar seperti pesawat jenis Boeing.
Kepala Bandara Belimbingsari, Dodi Dharma Cahyadi, mengemukakan bahwa overlay runway tersebut sudah bisa dilakukan pada Januari atau Februari, sehingga dijadwalkan bisa selesai pada April 2017. Kondisi runway Bandara Blimbingsari, sementara yang digunakan adalah 1.800 meter dengan lebar 30 meter.
Dodi mengemukakan bahwa dengan PCN (Pavement Claassification Number) baru 27, maka itu baru bisa digunakan untuk jenis pesawat ATR. “Untuk bisa didarati oleh pesawat jenis Boeing masih belum memenuhi persyaratan PCN-nya.”
Dia mengemukakan bahwa pada tahun 2017, APBN sudah mengalokasikan anggaran untuk overlay runway. Nanti kira-kira bisa meningkat menjadi 39 PCN, itu kekuatan runway. “Minimal untuk Boeing 737-500 itu PCN 38. Begitu kita lakukan overlay runway pada 2017, diperkirakan paling lambat April selesai, maka PCN sudah mencukupi untuk didarati oleh pesawat jenis Boeing,” katanya.
Dia mengemukakan bahwa untuk saat ini kondisi bandara hanya memungkinkan untuk diterbangi pesawat jenis ATR. Belum tersedianya tempat pengisian bahan bakar di Banyuwangi menjadi hal yang juga harus diperhatikan. B

Comment

BERITA TERKAIT